Analisis keterkaitan KI dan KD
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran
MATA PELAJARAN
TOPIK
|
:
:
|
BAHASA
INDONESIA
TEKS PERMODELAN
TEKS CERITA SEJARAH
|
KELAS
|
:
|
XII
|
SEMESTER
|
:
|
GANJIL
|
KompetensiInti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
1.3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah,menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalamnovel
|
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur terhadap anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah untuk mempersatukan bangsa
1.1.2
Menunjukkan anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia
dengan menggunakannnya sesuai dengan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2.1 Menunjukkan rasa terhadap anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
1.2.2 Menunjukkan rasa syukur terhadap anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam menerapkan informasi lisan dan tulis melalui
teks ceritasejarah
1.2.3 Menunjukkan rasa syukur akan anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam
menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks ceritasejarah
1.3.1 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
1.3.2 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menalar informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
1.3.3 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
|
|
2.Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur,dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menyampaikan cerita
sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.1.2 Menunjukkan perilaku responsive dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan
cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.1.3 Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menyampaikan cerita
sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
|
|
3.Memaha-mi, menerap-kan,menganalisis
dan mengeva-luasi pengetahuan faktual, konseptu-al, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.
Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3. Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.1.1
Menjelaskan struktur teks
cerita sejarah,
baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.2 Menjelaskan kaidah teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.1.
Mengidentifikasistruktur dua teks cerita sejarah, baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2.2. Mengidentifikasi kaidah kabahasaan
dua teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.1 Menguraikan isi yang terdapat
terdapat dalam teks cerita
sejarah,
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.2 Menjelaskan nilai-nilai yang terdapat dalam teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Struktur
teks cerita sejarah
· Kaidah/ciri
kebahasaan teks dalam ceritasejarah
· Memahami
isi dan makna teks cerita sejarah
|
4.Mengolah menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
|
4.1.1 Menentukan makna kata-kata sulit
dalam teks cerita sejarah, baik
secara lisan maupun tulisan
4.1.2 Menentukankan makna
teks cerita sejarah, baik
secara lisan maupun tulisan
|
|
Mata Pelajaran
Topik
|
:
:
|
Bahasa
Indonesia
Kerjasama
Teks Cerita Sejarah
|
Kelas
|
:
|
XII
|
Semester
|
:
|
I
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakan kaidah bahasa indonesia
untuk mempersatukan bangsa
1.1.2 Menunjukkan rasa syukur akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya dalam konteks bahasa
indonesia untuk mempersatukan bangsa
|
· Struktur
teks cerita sejarah
· Unsur
teks cerita sejarah
· Memproduksi
teks cerita sejarah
|
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur dalam memahami informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
1.2.2 Menunjukkan rasa syukur dalam menerapkan informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah
1.2.3 Menunjukkan rasa syukur dalam menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah
|
||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
1.3.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita sejarah
1.3.2 Menunjukkan rasa syukur terhadap
keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menalar informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah
1.3.3 Menunjukkan rasa syukur terhadap
keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah
|
||
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
2.2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita
sejarah
2.2.2
Menunjukkan perilaku peduli dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita sejarah
2.2.3
Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita sejarah
|
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.1.1
Menjelaskan struktur teks cerita sejarah baik
melalui lisan maupun tulisan
3.1.2
Mengklasifikasikan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
|
3.2Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.2.1 Membandingkan dua teks cerita sejarah dari segi kosakata yang digunakan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2.2Membandingkan
dua teks cerita
sejarah dari segi verba yang digunakan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2.3Membandingkan
dua teks cerita
sejarah dari segi nomina yang digunakan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2.4Membandingkan
teks peristiwa dengan teks cerita dari segi struktur teks cerita sejarah
yang digunakan baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.3Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.3.1
Menganalisis struktur teks cerita sejarah baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3.2
Menganalisis kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
||
3.4
Mengevaluasi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel berdasarkan
kaidah-kaidah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
3.4.1
mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan struktur teks
berita baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.2
Mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan kebahasaan teks berita baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4.3
Mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan isi teks berita baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Mata Pelajaran
Topik
|
:
:
|
BAHASA
INDONESIA
KERJA
MANDIRI TEKS CERITA SEJARAH
|
Kelas
|
:
|
XII
|
Semester
|
:
|
GANJIL
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1Mensyukui anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel
|
1.1.1 Menunjukkan rasa syukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dengan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah untuk mempersatukan bangsa
1.1.2.Menunjukkan rasa syukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dengan menggunakannnya sesuai dengan konteks untuk
mempersatukan bang
1.2.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.2.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.2.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3.2Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3.3Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
|
|
2Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1Menunjukkan perilaku jujur
tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
penjelasan dan ajakan
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
penjelasan dan ajakan
2.1.2 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan
penjelasan dan ajakan
2.1.3 Menunjukkan perilaku
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan
penjelasan dan ajakan
|
|
|
3.Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2Membandingkan struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3Menganalisis struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
3.1.1 Menjelaskan struktur teks
cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.2 Menjelaskan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun
tulisan
3.2.1Mengidentifikasi struktur teks cerita sejarah“Hari Buruh.”
Kegiatan ini menggunakan buku siswa tugas 1 nomor 1 halaman 7—8.
baik melalui lisan
maupun tulisan
3.2.2Mengidentifikasi kaidah kebahasaan
teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.1Menganalisis struktur teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.2Menganalisis
kaidah teks cerita sejarah baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Menulis/memproduksi
teks cerita sejarah
|
|
4.Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
4.2Memproduksi
teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3Menyunting
teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4Mengabstraksi
teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.5Mengonversi
teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4.1.1Menginterpretasi makna kata teks cerita sejarah secara
lisan maupun tulisan
4.1.2Menginterpretasi makna teks
cerita sejarah secara lisan maupun tulisan
4.2.1 Mendesain struktur teks iklan
baik secara lisan maupun tulisan
4.2.2.Memproduksi
teks cerita sejarah yang sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan
maupun tulisan
4.3.1.Menyunting struktur
teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.3.2Menyunting ciri kebahasaan
teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.4.1Menentukan langkah-langkah
mengabtraksi teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.4.2Mengabtraksi teks cerita
sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.5.1Menentukan langkah-langkah mengonversi teks cerita
sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.5.2 Mengonversi teks cerita sejarah menjadi teks
persuasi baik secara lisan atau
tulisan
|
|