Analisis keterkaitan  KI dan KD 
 Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran


MATA PELAJARAN
TOPIK
:
:
BAHASA INDONESIA
TEKS PERMODELAN TEKS CERITA SEJARAH
KELAS
:
XII
SEMESTER
:
GANJIL

KompetensiInti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa


1.2.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel





1.3.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalamnovel

1.1.1        Menunjukkan rasa syukur terhadap anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannnya sesuai dengan kaidah untuk mempersatukan bangsa
1.1.2        Menunjukkan anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannnya sesuai dengan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2.1 Menunjukkan rasa terhadap  anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah

1.2.2 Menunjukkan rasa syukur terhadap anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menerapkan informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah
1.2.3 Menunjukkan rasa syukur akan anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
 menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah

1.3.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah

1.3.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menalar informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah

1.3.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah




2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia  untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional


2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur,dalam menggunakan bahasa Indonesia  untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.1.2 Menunjukkan perilaku responsive dalam menggunakan bahasa Indonesia  untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.1.3 Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia  untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional

3.Memaha-mi, menerap-kan,menganalisis dan mengeva-luasi pengetahuan faktual, konseptu-al, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1.     Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.2.    Membandingkan  teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan


3.3.     Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan


3.1.1   Menjelaskan struktur teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.2    Menjelaskan kaidah teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan




3.2.1.      Mengidentifikasistruktur dua teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.2.      Mengidentifikasi kaidah kabahasaan dua teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan



3.3.1    Menguraikan isi yang terdapat terdapat dalam teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.2     Menjelaskan nilai-nilai yang terdapat dalam teks cerita sejarah, baik melalui lisan maupun tulisan

·      Struktur teks cerita sejarah
·      Kaidah/ciri kebahasaan teks dalam ceritasejarah
·      Memahami isi dan makna teks cerita sejarah

4.Mengolah menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
               
4.1Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.1.1 Menentukan makna kata-kata sulit dalam teks cerita sejarah, baik secara lisan maupun tulisan
4.1.2 Menentukankan makna  teks cerita sejarah, baik secara lisan maupun tulisan









Mata Pelajaran
Topik
:
:
Bahasa Indonesia
Kerjasama Teks Cerita Sejarah
Kelas
:
XII
Semester
:
I

Kompetensi Inti   
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.1.1    Menunjukkan rasa syukur akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakan kaidah bahasa indonesia untuk mempersatukan bangsa
1.1.2    Menunjukkan rasa syukur akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannya dalam konteks bahasa indonesia untuk mempersatukan bangsa
·   Struktur teks cerita sejarah
·   Unsur teks cerita sejarah

·   Memproduksi teks cerita sejarah



1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.2.1    Menunjukkan rasa syukur dalam memahami informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
1.2.2    Menunjukkan rasa syukur dalam menerapkan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
1.2.3     Menunjukkan rasa syukur dalam menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel











1.3.1    Menunjukkan rasa syukur terhadap anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
1.3.2    Menunjukkan rasa syukur terhadap keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menalar informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
1.3.3    Menunjukkan rasa syukur terhadap keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah
2.   Menghayati  dan mengamalkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (gotong  royong,  kerjasama,  toleran,  damai), santun,  responsif  dan  pro-aktif  dan  menunjukkan  sikap  sebagai  bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel


2.2.1        Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita sejarah
2.2.2        Menunjukkan perilaku peduli dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita sejarah
2.2.3        Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan cerita sejarah
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis  dan mengevaluasi  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural,  dan metakognitif berdasarkan  rasa  ingin  tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  budaya,  dan  humaniora  dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan,  dan  peradaban  terkait  penyebab  fenomena  dan  kejadian,  serta  menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1        Menjelaskan struktur teks cerita sejarah  baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.2        Mengklasifikasikan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan

3.2Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.2.1 Membandingkan dua teks cerita sejarah dari segi kosakata yang digunakan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.2Membandingkan dua teks cerita sejarah dari segi verba yang digunakan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.3Membandingkan dua teks cerita sejarah dari segi nomina yang digunakan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.4Membandingkan teks peristiwa dengan teks cerita dari segi struktur teks cerita sejarah yang digunakan baik melalui lisan maupun tulisan

3.3Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.3.1        Menganalisis struktur teks cerita sejarah  baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.2        Menganalisis kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan

3.4.1        mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan struktur  teks berita baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.2         Mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan kebahasaan teks berita baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.3        Mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan isi teks berita baik melalui lisan maupun tulisan




Mata Pelajaran
Topik




:
:




BAHASA INDONESIA
KERJA MANDIRI TEKS CERITA SEJARAH
Kelas
:
XII
Semester
:
GANJIL


Kompetensi Inti
Kompetensi
Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1Mensyukui anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa








1.2Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel































1.3     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.1.1 Menunjukkan rasa syukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan menggunakannnya sesuai dengan kaidah untuk mempersatukan bangsa

1.1.2.Menunjukkan rasa syukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dengan  menggunakannnya sesuai dengan konteks untuk mempersatukan bang

1.2.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.2.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.2.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
           
1.3.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel

1.3.2Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel

1.3.3Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel






2Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1Menunjukkan perilaku jujur tanggung  jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan

2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan

2.1.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.1.3 Menunjukkan perilaku disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan


3.Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.2Membandingkan struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.3Menganalisis struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan


3.1.1 Menjelaskan struktur teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.2  Menjelaskan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan


3.2.1Mengidentifikasi  struktur teks cerita sejarah“Hari Buruh.” Kegiatan ini menggunakan buku siswa tugas 1 nomor 1 halaman 7—8.
 baik melalui lisan maupun tulisan

3.2.2Mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan


3.3.1Menganalisis struktur teks cerita sejarah   baik melalui lisan maupun tulisan

3.3.2Menganalisis kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan


·     Menulis/memproduksi teks cerita sejarah

4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan


4.2Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

4.4Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

4.5Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan


4.1.1Menginterpretasi     makna kata teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan
4.1.2Menginterpretasi makna teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan













4.2.1 Mendesain struktur teks iklan baik secara lisan maupun tulisan

4.2.2.Memproduksi teks cerita sejarah yang sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan





4.3.1.Menyunting  struktur  teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan

4.3.2Menyunting ciri kebahasaan teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan







4.4.1Menentukan langkah-langkah mengabtraksi teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan

4.4.2Mengabtraksi teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan



4.5.1Menentukan  langkah-langkah mengonversi teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan
4.5.2 Mengonversi  teks cerita sejarah menjadi teks persuasi  baik secara lisan atau tulisan






Postingan populer dari blog ini

Makna Metafisis Puisi Cermin Karya Sapardi Joko Damono, dari Web Mahasiswa UNAIR

SOAL PRA-UN

Akronim kata 'Pintar'