SOAL PRA-UN




DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PADANG
SMA NEGERI 2 PADANG
UJIAN PRA-UN SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Mata pelajaran               :           Bahasa Indonesia
Satuan pendidikan         :           SMA Negeri 2 Padang
Hari/Tanggal                  :           Sabtu/27-9-2014
                                           Alokasi Waktu                :        90 Menit



01.     Cermatilah paragraf berikut!


(1) ondisi kendaraan yang tidak layak sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya. (2) Keadaan ban yang sudah menipis dapat menyebabkan ban pecah pada saat kendaraannya melaju. (3) Ada kendaaraan yang tidak berfungsi sebagaimana seharusnya karena kanvas rem sudah tipis. (4) Ada pula rem kendaraan blong karena minyak rem bocor. (5) Kelelahan logam atau disebut den-gan istilah aus juga menyebabkan bagian kendaraan patah.

Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ….
(A) Kurangnya control keadaan kendaraan oleh pemilik kendaraan
(B) Kondisi kendaraan penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya
(C) Kondisi buruk pengguna jalan raya penyebab kecelakaaan
(D) Hal buruk yang tidak bisa dihindari oleh pengguna jalan raya
(E) Pengendara yang sering melanggar tata tertib

02.     Kalimat yang strukturnya rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
(A) (1)      (B) (2)    (C) (3)
(D) (4)      (E) (5)

03. Kalimat Tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah … .

(A) Bagaimana proses pelaksanaan pendaftaran penduduk?
(B) Apa kendala utama tidak berjalannya pendaftaran penduduk?
(C) Mengapa pendaftaran penduduk tidak dianggap penting?
(D) Apa saja manfaat dilaksanaannya pen-daftaran penduduk?
(E) Di mana ketidakseriusan pemerintah pusat dalam pendaftaran?

04. Arti istilah stagnasi dalam teks tersebut adalah ….
(A) Kendaran terhenti
(B) Tersendat-sendat
(C) Kondisi mundur
(D) Keadaan terpuruk
(E) Terseok-seok

05. “Duta besar RI telah resmi dipanggil dari Riyadh untuk berkonsultasi dengan Ke-menterian Luar Negeri”, kata Menteri Luar Negeri. Ini protes atas sistem peradilan di Arab Saudi yang kerap menghukum warga Indonesia tanpa pemberitahuan seperti kepada seorang pembantu perempuan asal Indonesia yang dinyatakan bersalah di pengabdian karena menghilangkan nyawa majikannya. “Arab Saudi melaksanakan hu-kuman tersebut tanpa terlebih dahulu mem-beri tahu keperwakilan Indonesia dan ini, bukan pertama kalinya”, kata menteri. Hal ini sangat ironis karena sebelumnya ada seseo-rang yang dihukum pancung di sebuah forum internasional di Jenewa, Swiss, pemer-intah mengatakan kalau mengutamakan per-lindungan buruh dan tenaga kerja migrant dan perlindungan buruh internasional. Rasanya tidak berlebihan bila public marah karena gagal mencegah pemancungan seorang buruh perempuan yang dalam pi-dato Bapak di Jenewa dielu-elukan sebagai tulang punggung perekonomian Negara.
Simpulan opini tajuk tersebut adalah ….
(A) Akhir pecan lalu dilakukan hukuman pemancungan kepada seorang pembantu perempuan asal Indonesia yang terbukti bersalah di pengadilan
(B) Pemerintahan gagal melindungi tenaga kerja menyampaikan tekadnya untuk memberi perlindungan
(C) Duta besar telah resmi ditarik dari Ri-yadh untuk konsultasi dengan kementrian Luar Negeri karena gagal melindungi TKI.
(D) Hukum pancung yang dijatuhkan terha-dap terhukum di Arab Saudi dilaksana-kan tanpa terlebih dahulu memberitahu-kan ke perwakilan Indonesia di kedutaan RI.
(E) Sebelum hukum pancung dilaksanakan, khalayak membicarakan tentang per-lindungan buruh di sebuah forum inter-nasional di Jenewa, Swiss.

06. Opini permasalahan dalam tajuk tersebut ditujukan kepada ….
(A) Pemerintah Indonesia
(B) Bangsa Indonesia
(C) Pemerintah Arab Saudi
(D) Keluarga Korban
(E) Menteri dalam negeri

07. Bacalah dengan seksama!
Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seo-rang penyair legendaries Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan De-wan Kesenian Bekasi (DKB) award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk per-juangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini antara lain ter-cermin dari sajaknya bertajuk : Krawang- Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948).
Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang mereflesikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
Sajaknya yang berjudul Aku dan Dipenogoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak per-juangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah …
(A) Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman
(B) Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal
(C) Karyanya menginspirasi rakyat Indone-sia untuk meraih kemerdekaan
(D) Menulis sajak untuk mereflesikan dukungannya pada presiden RI
(E) Banyak menyadur dan menerjemahkan karya bahasa asing

08. Mengapa Chairil Anwar meskipun sudah meninggal masih memperoleh penghargaan DKB Award 2007?
(A) Karena ia adalah penyair legendaries Indonesia yang karya-karyanya hidup sepanjang zaman
(B) Karena penghargaan itu untuk membuk-tikan keabadian karya-karyanya
(C) Karena ia telah menginspirasi pada pe-juang kemerdekaan melalui sajak Krawang-Bekasi
(D) Karena ia menulis sajak untuk mereflesi-kan dukungannya kepada Bung Karno
(E) Karena sajaknya yang berjudul Aku dan Dipenogoro diapresiasi sebagai sajak perjuangan

09. (1) Radikal bebeas, beberapa jenis virus, ba-han kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. (2) Padahal, DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel sehingga dapat berfungsi dengan normal. (3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut akan mengarah pada sel kanker suatu hari nanti. (4) Namun, beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses kerusakan DNA. (5) Zat tersebut dapat menetralkan zat karsino-genetik atau mutagenic serta dapat menye-babkan pengeluaran zat karsinogenetik terse-but dari dalam tubuh, contohnya isothlocyhates yang terdapat di dalam sayuran dapat mengu-rangi kerusakan yang diakibatkan oleh bahan karsinogen.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)

10. Pernyataan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah ….
(A) DNA yang sangat penting bagi tubuh dapat dirusak oleh beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radi-asi, tetapi dapat dihambat dengan fitokimia
(B) Beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia yang diproduksi oleh makhluk hidup) mampu menghambat proses perusakan DNA
(C) Sel kanker disebabkan oleh radikal be-bas, beberapa jenis virus,bahan kimia dalam makanan, dan radiasi
(D) DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel, tetapi dapat dirusak oleh zat karsinogenetik atau mutagenetik
(E) Isothlocyanates yang terdapat dalam sayuran dapat meningkatkan radikal bebas dan bahan kimia dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari

11. Mereka terkejut melihat harimau sangat lincah melepaskan pakBalam dari cengkera-mannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat berapa kaki kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau , daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah.
Frasa Adjectiva yang tepat untuk memper-baiki frasa yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
(A) Sangat besar, besar benar, teramat ban-yak
(B) Sangat besar, amat parah, amat banyak
(C) Cukup besar, sakit sekali, bagaikan air
(D) Agak besar, dala sekali, tak tertahankan
(E) Tinggi besar, paling lebar, seperti air

12. Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih pengendalian erosi sehingga banjir, pen-gaturan iklim lokal, penyerapan karbon, peri-kanan air tawar, bahwa keindahan alam pen-dukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu kesatuan interaksi yang utuh.
Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
(A) Atau, tetapi, sebab
(B) Yaitu, bahkan, bahwa
(C) Serta, yakni, dan
(D) Dan, serta, jika
(E) Karena, misalnya, apabila

13. Bacalah dengan cermat!
(1) Pesan seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralism. (2) Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain, memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang ditampil-kan. (3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. (4) Pema-haman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan un-tuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang. (5) Karakter seseorang juga dapat terbentuk dari latar belakangnya budaya seseorang.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
(A) Manfaat peran seni teater
(B) Pengajaran dalam teater
(C) Pengenalan karakter orang
(D) Runtuhnya karakter bangsa
(E) Terbentuknya karakter seseorang

14. Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


berkhianat. Kesuciannya dirampas karena janji-janji kos-ong. Dia merenung ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian memabokkan …… Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tetapi mana mungkin?
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
(A) Membuka hati
(B) Kebahagian semu
(C) Mulut manisnya
(D) Mulut berbisa
(E) Kelembutan hati


16. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang berguna, baik untuk kesehatan maupun ke-cantikan. Sudah berabad-abad lamanya li-dah buaya digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan pada putri raja. Se-dangkan sebagai obat, bermanfat untuk memperlambat tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistem pencernaan, mem-bunuh kuman, dan menghilangkan rasa sakit.



15. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


17. Cermatilah paragraf narasi berikut!
Ombak yang bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna warni menghias diorama nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega

18. Perkembangan Harga Elpiji
Tahun 2005 - 2009
Pernyataan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah …..
(A) Kenaikan harga tertinggi terjadi pada tahun 2006 - 2007
(B) Kenaikan harga tertinggi terjadi pada tahun 2007 - 2008
(C) Kenaikan harga tertinggi terjadi pada tahun 2008 - 2009
(D) Setiap tahun harga elpiji mengalami kenaikan
(E) Kenaikan harga elpiji tahun 2007 - 2008 sangat drastic
19. Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah ….
(A) Harga elpiji setiap tahun mengalami kenaikan
(B) Kenaikan sangat drastic terjadi pada tahun 2009-2009
(C) Kenaikan harga elpiji terjadi setiap ta-hun, kecuali pada tahun 2005-2006
(D) Kenaikan harga elpiji setiap tahun sangat variatif
(E) Kenaikan harga elpiji setiap tahun dipengaruhi oleh produksi elpiji

20. Bahwa tokoh Mahar seorang yang gesit, tidak mengenal belas kasih, dan percaya pada hal- hal gaib dideskripsikan melalui ….
(A) Pikiran tokoh
(B) Tindakan tokoh
(C) Bentuk fisik tokoh
(C) Mulut manisnya
(D) Mulut berbisa
(E) Kelembutan hati


(D) Lingkungan tokoh
(E) Uraian langsung tokoh

21. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ….
(A) Jangan percaya pengobatan memakai kunir, daun beluntas, dan air
(B) Tindakan seseorang yang berlebihan akan menimbulkan kekacauan
(C) Sembuhkan sakit seseorang dengan mantera dan pengobatan herbal
(D) Bawalah obat-obatan herbal dalam tempat yang bersih dan aman
(E) Gunakan mantera, kunyit, dan daun beluntas untuk mengobati orang



22. Bacalah dengan cermat!
Tuan puteri Indra Seri Bulan pun besarlah, Ramai anak raja yang datang meminang Tuan Puteri. Tidak lama kemudian, Tuan puteri pun sakit dan semua tabib istana tidak dapat menyembuhkan. Maka gong pun dipalu. “Barang siapa dapat mengobati Tuan Puteri, jika hina sekalipun bangsanya akan diangkat menjadi menantu raja.” Indra Putera muncul dan menyembuhkan Tuan Puteri. Setelah dengan berbagai masalah yang menerjang akhirnya Indra Putera dapat meminang “Tuan Puteri Indra Seri Bulan.”
Sumber : Hikayat Indra Putra
Karakteristik yang menyatakan bahwa karya sastra tersebut hasil sastra Melayu Klasik adalah ….
(A) Struktur kalimat dan kecantikan Tuan Putri
(B) Istanasentris dan kesaktian seseorang
(C) Kemustahilan dan watak tokoh
(D) Istanasentris dan kisah tokoh
(E) Struktur kalimat dan penokohan

23. Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan cerita tersebut adalah …..
(A) Sakitnya Tuan Puteri Indra Seri Bulan
(B) Pinangan anak raja kepada Tuan Puteri Indra Seri Bulan
(C) Indra Putera bisa menyembuhkan menantu raja
(D) Indra Putera memenangkan sayembara menyembuhkan Puteri Indra Seri Bulan
(E) Sayembara dapat menyembuhkan penyakit

24. Bacalah hikayat berikut dengan cermat!
Maka didapatnyalah ketupat yang sudah basi dibuangkan oleh orang pasar itu den-gan buku tebu, lalu dimakannya ketupat yang sebiji itu laki-bini. Setelah sudah di-makannya ketupat itu, maka baharulah di-makannya buku tebu itu, maka adalah segar sedikit rasanya tubuhnya karena beberapa harinya tiada merasai nasi hendak mati rasanya. Ia hendak meminta ke rumah ta-kut. Jangankan diberi orang barang sesuatu, hamper kepada rumah orang itu pun tiada boleh. Demikianlah hal si miskin itu sehari-hari. Hatta, maka hari pun petanglah, maka Si miskin pun berjalanlah masuk ke dalam hutan, tempatnya sediakala itu. Di sanalah ia tidur, maka disapunyalah darah yang di-tubuhnya tiada boleh keluar karena darah itu sudah kering. Maka, Si miskin itupun tidurlah di dalam hutan itu.
Hikayat si Miskin
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ….
(A) Kesengsaraan hidup masayarakat
(B) Pembelaan raja terhadap Si Miskin
(C) Ketabahan orang kampong dengan munculnya Si Miskin
(D) Ketabahan dalam menapaki kesulitan hidup
(E) Sikap penduduk yang peduli pada Si Miskin



25. Api Suci
Selama nafas masih mengalun
Selama jantung masih memukul
Wahai api bakarlah jiwaku
Biar mengaduh, biar mengeluh
Seperti wajah merah membara
Dalam bakaran api nyala
Bias jiwaku habis terlebur
Dalam kobaran Nyala Raya
Sesak menyesak di kalbu
Gelisah liar mara memandang
Di mana duduk rasa di hujan
Demikian rahmat tumpahkan selalu
Nikmat rasa api mengapus
Nyanyian semata bunyi jeritku
(Sultan Takdir Alisyahbana)
Makna lambing “api” dalam puisi tersebut adalah ….
(A) Kehebatan seseorang
(B) Semangat juang
(C) Keteguhan hati
(D) Angan-angan diri
(E) Sangat marah

26. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
(A) Kehebatan seseorang melawan penderitaan hidup
(B) Perjuangan seseorang yang tidak pernah berakhir
(C) Membangkitkan semangat hidup seseorang
(D) Ketakutan seseorang akan kehilangan tanah airnya
(E) Kesetiakawanan yang dimilik oleh seseorang

27. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ….
(A) Mencekam
(B) Haru
(C) Marah
(D) Bersemangat
(E) Gembira

28. Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli bensi untuk sepeda motor atau mobil, …. Paling mereka bersepeda. Dan, kita kemana-mana jalan kaki, Bukan? Sekarang mereke berlomba-lomba ingin mendapatkan televisi berwarna dan membeli lemari es.
Kalimat bermajas metonomia untuk melengkapi kalimat cerpen tersebut adalah ….
(A) Mereka banyak yang mengendarai mo-tor
(B) Hanya beberapa orang yang berjalan kaki
(C) Besok mereka akan pergi ke luar kota
(D) Dulu di desa ini tidak ada yang me-makai Honda
(E) Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan mobil

29. Cermatilah puisi berikut!

Kehidupan
Dialah sang sutradara
Dan kita semua …
Maka persoalan yang utama
Bagaimana memainkan peran kita
Karena kita tak bisa       memilih
Mari bermain dalam  bimbingan-Nya

Diksi yang tepat untuk melengkapi larik kedua puisi tersebut adalah ….
A. penontonnya
B. aktornya
C. artisnya
D. oratornya
E. penerusnya

30. Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah ….

(A) Isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkap halusinasi yang menimbu-lakn keanehan dan kebingungan pembacanya
(B) Cerita yang menarik dan membuat pem-baca penasaran untuk mengikuti alur, cerita yang disajikan penulis
(C) Cerpen Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
(D) Penggunaan dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk mema-hami isi cerita
(E) Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik

31. … .

Demikian surat lamaran saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Perbaikan yang tepat pada kalimat penutup surat lamaran tersebut adalah ….

(A) Demikian kami sampaikan, atas per- hatiannya diucapkan terima kasih
(B) Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih   
(C) Demikian surat lamaran ini. Atas per-hatiannya saya mengucapkan terima kasih
(D) Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih
(E) Demikian surat lamaran ini. Atas semua perhatian Bapak, mengucapkan terima kasih

32. Dalam memeriahkan ulang tahunnya yang ke-37, OSIS SMA Nusa bangsa akan mengadakan lomba baris berbaris.

Penulisan pemerian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ….

(A) Lomba akan dilaksanakan pada,
Hari : Minggu
Tanggal : 8 Januari 2012
Waktu : Pukul 08.00 - 12.00
Tempat : Halaman Balaikota
Acara : Lomba Baris Berbaris

(B) Lomba akan dilaksanakan pada,
HARI : Minggu
Tanggal : 8 Januari 2012
Waktu : Pukul 08.00 - 12.00
Tempat : Halaman Balaikota
ACARA : Lomba Baris Berbaris

(C) Lomba akan dilaksanakan pada,
hari : Minggu
tanggal : 8 Januari 2012
waktu : pukul 08.00 - 12.00
tempat : halaman Balaikota
acara : lomba baris berbaris

(D) Lomba akan dilaksanakan pada :
hari : Minggu
tanggal : 8 Januari 2012
waktu : pk. 08.00 - 12.00
tempat : halaman balaikota
acara : Lomba Baris Berbaris

(E) Lomba akan dilaksanakan pada :
HARI : Minggu
TANGGAL : 8 JANUARI 2012
WAKTU : PUKUL 08.00 - 12.00
TEMPAT : HALAMAN BALAI KOTA
Acara : Lomba Baris Berbaris



33.  T. Digital Multimedia adalah perusahaan elektronik yang sukses. Untuk menjadi karyawan di PT Digital Multimedia, persyaratan utamanya adalah sarjana. Akan tetapi, tidak cukup sarjana saja. Calon kary-awan harus memiliki Indeks Prestasi yang bagus, minimal 2,75. Calon karyawan juga harus menguasai salah satu bahasa asing, Inggris atau mandarin. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, mereka harus lulus serangkaian tes yang diadakan oleh PT Digital Multimedia.

Kalimat simpulan dari paragraf tersebut adalah ….
(A) Dengan demikian, PT Digital Multimedia adalah perusahaan yang terkenal
(B) Memang, tidak mudah untuk dapat diterima menjadi karyawan di PT Digital Multimedia
(C) Jadi, PT Digital Multimedia pasti banyak diminati para pencari kerja
(D) Oleh karena itu, PT Digital Multimedia menjadi incaran sarjana dengan Indeks Prestasi tinggi
(E) Oleh karena itu, PT Digital Multimedia pasti sangat mengutamakan mutu

34. Topik : Cinta Tanah Air

(1) Bila kita mencintai tanah air ini, hendaklah mendisiplinkan diri untuk hal-hal yang baik
(2) Pemerintah harus memberantas korupsi yang merajalela tanpa pandang bulu dan tidak menunda-nunda penyesalan kasus nya
(3) Meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai waktu, menjaga kebersihan lingkungan, dan menaati peraturan yang sudah disepakati
(4)  Jangan sampai ada perang dingin antar rakyat Indonesia karena hal sepele menjadi perselisihan nyata
(5) Janganlah kita berteriak-teriak saja, tetapi buktikan dengan tindakan nyata untuk membangun negara Indonesia

Urutan yang logis agar kalimat di atas menjadi paragraf yang baik adalah... .
(A) (1), (2), (3), (4), (5).
(B) (1), (5), (2), (3), (4).
(C) (1), (3), (2), (4), (5).
(D) (1), (2), (3), (5), (4).
(E) (1), (3), (2), (5), (4).

35. Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh kota, Provinsi Sumatera Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah, … .
Dari mulai memasuki Lembah Harau, pemgunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini … .
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian paragraf deskripsi di atas adalah... .
(A) Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter
(B) Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya
(C) Banyak orang membandingkan Lem-bah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
(D) Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih
(E) Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisata provinsi Sumatera Barat

36. Kalau pergi ke kota Palu
Singgahlah sebentar di Donggala
Kalaulah diri masih punya malu
…..
Kalimat  yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
(A) Kau tunggu aku untuk berbuka
(B) Janganlah pernah berkata dusta
(C) Kamu harus jangan berbicara
(D) Mulailah kamu menata suara
(E) Janganlah lupa mencuci muka

37. Cermati topik pidato dan kalimat persuasif yang terdapat dalam paragraph tersebut!
Topik: Kesehatan usus
(1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempati urutan ke-2 penyebab kematian sedangkan di ndonesia dari RSCM Jakarta menyebutkan, setiap tahun menerima lima puluh pasien baru penderita kanker usus.
(2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam
waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari.
(3) Hal ini akan menyebabkan zat
karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makanan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker.
(4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari yang banyak
mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat.
 (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
 (6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buahan segar tidaklah sulit karena hampir setiap
pojok di tepi jalan terdapat penjual buah.

Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)


38. Bus …. Yang kami tumpangi melaju dengan tenang membawa kami menuju objek wisata. Bus tersebut sudah biasa membawa penumpan ….. mesinnya pun halus bunyinya karena mesinnya menggunakan ….. canggih.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
(A) Eksekutif, antarprovinsi, tekhnologi
(B) Eksekutif, antarprovinsi, tekhnologi
(C) Eksekutive, antar-provinsi, tekhnologi
(D) Eksekutif, antar-provinsi, technologi
(E) Eksekutip, antarpropinsi, tehnologi

39. Hari itu Pak Budiman, pemilik dua buku tabungan, mendapat telepon dari Bank Na-gari yang mengabarkan dia memperoleh hadiah sepeda motor. Dia ragu, jangan jangan ini hanya penipuan. Namun, Arif anaknya mendesak untuk membuktikannya. Pak Budiman bersyukur karena sepeda mo-tor itu bisa dipakai untuk ke sekolah oleh Arif. Sebulan kemudian Bank BRI juga menarik undian Simpedes. Pak Budiman menerima telepon yang mengabari bahwa dia pemenang utama. Kali ini dia juga tetap berhati-hati menanggapinya karena banyak penipuan tentang pemenang undian. Akan tetapi, anaknya Ikbal, bersemangat dan langsung menemui panitia. Ternyata me-mang Pak Budimanlah pemenang hadiah mobil Avanza keluaran terakhir itu. Nasib Pak Budiman ….
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
(A) Berakit-rakit dahulu, berenang-renang ke tepian
(B) Sekali ombak besar sekali tepian berubah
(C) Bagaikan mendapat durian runtuh
(D) Mati semut karena gula
(E) Bagai orang dahaga mendapat air

40. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ….
(A) Keterlambatan Dalam Perbaikan Jalan
(B) Perbaikan infastruktur sebelum lebaran
(C) Pengaruh Pemudik dalam penyiapan jalan
(D) Pemudik Perbaikan Jalan Dan Kemacetan
(E) Ketepatan Waktu dalam Perbaikan Jalan Lebaran


41. Topik : Perbaikan Mental Remaja
Kalimat latar belakang sesuai topik tersebut adalah ….
(A) Remaja banyak sekali yang memerlukan perhatian orang di sekitarnya
(B) Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat anak remaja
(C) Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba
(D) Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya disebabkan berbagai faktor
(E) Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental pada remaja

42. Topik : Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
(A) Apa yang dapat dilakukan untuk me-lestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
(B) Siapa saja yang terlibat untuk tarikan tanaman obat dalam masyarakat?
(C) Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman obat dalam masyarakat?
(D) Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat dalam pelestarian?
(E) Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap tanaman obat?

43. Kalimat resensi yang menyatakan keunggu-lan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
(A) Novel ini bukan sekedar percintaan lawan jenis tetapi juga mngungkapkan kecintaan kepada Tuhan dengan alur yang mudah dipahami sehingga men-jadikan pembaca memperoleh wawa-san
(B) Meski latarnya belum bervariasi karena hanya berkisah seputar pesantren ba-hasanya mudah dipahami sehingga kisah cerita manusia dan keteguhan iman ini menjadi menarik
(C) Novel yang telah di filmkan ini banyak dibaca orang karena menghadirkan kasih sayang dengan bahasa yang mu-dah dipahami pembaca dan latar yang sangat dikenal
(D) Dengan bahasa yang mudah dipahami, “Ketika Cinta Bertasbih” merupakan novel yang sarat dengan cinta kasih kepada sesama manusia.
(E) Walaupun latarnya kurang bervariasi, novel “Ketika Cinta Bertasbih” layak di-baca siapapun yang ingin merasakan cinta kasih antarsesama dan Tuhan

44. Premis umum : Siswa yang baik selalu belajar dengan teratur
Premis khusus : Mely siswa yang baik
Simpulan : …..
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah …
(A) Karena itu Mely naik kelas karena belajar dengan teratur
(B) Mely adalah siswa yang selalu belajar
(C) Jadi mely selalu belajar dengan teratur
(D) Berarti cara belajar Mely sudah benar
(E) Mely siswa yang baik karena selalu be-lajar dengan teratur


45. Dengan ibu hendaklah hormat, Supaya badan dapat selamat
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
(A) Hormatilah ibumu agar kau tidak men-dapat celaka di jalan
(B) Hormatilah kaum ibu agar mereka men-doakan keselamatan bagi kita
(C) Patuhilah semua nasihat ibu agar diri kira terhindar dari bencana
(D) Berilah hormat pada setiap ibu agar ia memberimu selamat
(E) Patuh dan berbaktilah pada ibu agar selamat dunia dan akhirat

46. (1) Amat wajar jika masyarakat mendambakan agar polisi memiliki kesaktian luar biasa, tetapi diakui juga memiliki kelemahan yang dinilai manusiawi. (2) Selain tegas dalam menegakkan hukum juga bisa bersinergi den-gan masyarakat dalam mencegah kejahatan. (3) Terlebih garis marka antara polisi dan


masyarakat dalam mencegah kejahatan sangat tipis. (4) Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas yang tidak mungkin dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat. (5) Institusi kepolisian sendiri sangatlah penting artinya bagi sebuah negara sebagai bagian dalam menata masyarakatnya.
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)

47. Pesatnya perkembangan iptek telah meng-gugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus …. Memenuhi ke-butuhan pembacanya akan sajian sajian ip-tek. Dengan intensitas dan visi yang ber-beda-beda, setiap media akan …. Tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pemba-canya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan terse-but ….. Dengan bahasa dan gaya popular penulisan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk meleng-kapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
(A) Dicoba, mensajikan, mentampilkan
(B) Menyoba, menyaji, menampilkan
(C) Mencoba, menyajikan, menampilkan
(D) Mencoba, menyajikan, ditampilkan
(E) Mencobakan, disajikan, ditampilkan

48. Di usia sepetang ini, hidup sebatang kara di tanah rantau tentu akan menjadi …. Penghujung yang sulit bagi …. Ringkih itu. Selepas kematian Yanuar, ia mengira musibah bakal selesai, Namun suratan nasib berkata lain, tak lama berselang, Imelda, anak perempuan yang ….., mengindap kanker otak stadium puncak.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ….
(A) Hari-hari, laki-laki, diidam-damkannya
(B) Minggu-minggu, lelaki, diidam-idamkannya
(C) Bulan-bulan, laki-laki, dibangga-banggakannya
(D) Hari-hari, laki-laki, diidam-idamkannya
(E) Hari-hari, laki-laki, diidam-idamkannya

49. Setiap orang memiliki perbedaan, mulai per-bedaan fisik, pola berpikir, cara merespons, dan cara mempelajari hal yang baru. Dalam hal belajar, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyerap pelajaran. Bahkan, dapat dipastikan bahwa setiap orang menerapkan cara belajar yang berbeda-beda, ….
Simpulan yang tepat untuk melengkapi akhir paragraf tersebut adalah ….
(A) Oleh karena itu, kita harus menerima kekurangan orang lain
(B) Dengan demikian, setiap manusia memiliki kekhususan
(C) Jadi, janganlah memaksakan kehendak kepada orang lain
(D) Setiap orang harus belajar dengan cara yang berbeda-beda
(E) Belajar merupakan kebutuhan setiap manusia di dunia

50. Parjo : ”Saya mau berhenti dari tempat kerja ini!”
Rahmat : ”Ada apa Jo, mbok yang sabar! Kenapa ?” (berkata rendah)
Parjo : ”Apa yang aku lakukan koq selalu salah”. (suaranya meninggi)
Rahmat : ”Jo, kau kan sudah hafal dengan sifatnya” (meredakan)
Parjo : “….”
Rahmat : “Ya, itulah yang selalu dilakukan pada kita, tidak menghargai hasil kerja orang lain.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah ….
(A) Ingin rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak menjengkelkan
(B) Dia memang selalu memandang orang lain dengan sebelah mata
(C) Sebetulnya ia orang yang rendah diri karena ia tidak berpendidikan tinggi
(D) Dia selalu berhati-hati kalau memper-baiki mobilnya di bengkel

(E) Maksudmu, kita harus mengalah terus dan mengakui keunggulannya? 

Postingan populer dari blog ini

Makna Metafisis Puisi Cermin Karya Sapardi Joko Damono, dari Web Mahasiswa UNAIR

Akronim kata 'Pintar'