|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: SMA Negeri 2 Padang
Kelas/ Program : X/Inti
Semester : I
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Pertemuan ke
: I
|
|
I. STANDAR KOMPETENSI
|
II. KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami siaran
atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media
elektronik (berita dan nonberita)
|
III.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
|
1.
Mencatat judul dan pokok-pokok berita yang
didengarkan secara individu
2.
Meringkas pokok-pokok pikiran berita menjadi sebuah
ringkasan berita
3.
Membacakan
ringkasan isi berita
4.
Menyampaikan
tanggapan terhadap isi berita tersebut
|
Melalui pembelajaran KD 1.1 diharapkan siswa dapat
menunjukkan sikap keingintahuannya terhadap informasi baik berita maupun
cerita yang didengarkannya secara langsung atau tidak langsung sehingga
dengan penuh rasa tanggung jawab secara individu dapat mencatat judul berita,
pokok-pokok berita, membuat ringkasannya, membacakannya ke depan kelas, serta
menyampaikan tanggapan terhadap berita tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap masalah
yang didengarkannya
|
V. MATERI AJAR
1.
Fakta
: Berita dari media
2.
Konsep
:
Pengertian berita, tanggapan, bentuk tanggapan
Prinsip
Unsur berita
Pokok-pokok berita
Ringkasan berita
Tanggapan terhadap berita
Prosedur
mendengarkan berita, mencatat pokok-pokok berita
meringkas isi berita, menuliskan/ menyampaikan tanggapan terhadap berita
VI. ALOKASI WAKTU
Empat jam pelajaran ( 4x 45 menit)
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN TUGAS
|
TM
|
90 menit
|
Pada skenario pembelajaran
|
PT
|
60 MENIT
|
Menanggapi berita televisi
|
KMTT
|
-
|
-
|
VII. METODE
PEMBELAJARAN : CERAMAH PLUS DENGAR, CATAT, RINGKASKAN, BACAKAN, TANGGAPI
VIII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
ALAT PENDUKUNG
|
NILAI KARAKTER
|
1.
Pendahluan
1)
Membaca
Asmaul Husna, berdoa, membaca Al-Quran dan terjemahan
2)
Mengecek
kehadiran siswa
3)
Apersepsi
(1)
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang berita yang sedang hangat di media masa dan
apa tanggapan siswa terkait berita tersebut
(2)
Guru memberi arahan bahwa mendengarkan berita bagian dari sikap keingintahuan
yang perlu dipupuk guna memerkaya diri dengan informasi dan mampu memberikan
tanggapan untuk menunjukkan sikap secara tepat terhadap berita yang didengar
(3)
Guru
memotivasi siswa ntuk mengikuti kegiatan terkait KD pembelajaran
|
50 menit dari 210 menit
|
Al-Quran
Absensi siswa
Agenda Pembelajaran
Perangkat pembelajaran
guru
|
Religius
Tanggung jawab
Peduli
Mandiri
Bersahabat
Komunikatif
|
2.
Kegiatan
utama
1)
Siswa
mendengarkan berita
2)
Siswa
menuliskan judul dan pokok-pokok
berita
3)
Siswa
menuliskan ringkasan berita berdasarkan pokok-pokok berita yang telah dibuat
4)
Siswa
menyampaikan ringkasan berita dan tanggapannya terhadap berita tersebut secara bergantian di depan kelas
|
140 menit dari 210 menit
|
Tayangan berita, teks
berita,rekaman berita, LKS
|
Tanggung jawab
Ingin tahu
Peduli
Mandiri
Kreatif
Inovatif
Baersahabat
Komunikatif
|
3.
Kegiatan
penutup
Siswa
merefleksi kegiatan utama tentang kelebihan dan kekurangan ringkasan dan
tanggapan mereka terhadap berita
Guru memberi
tugas mandiri agar siswa mendengarkan/ menonton berita televisi , menuliskan
ringkasannya dan tanggapannya terhadap berita tersebut
|
20 menit dari 210 menit
|
Hasil kegiatan utama
Media informasi
LKS
|
Tanggung jawab peduli
Ingin tahu
Kreatif
Bersahabat
komunikatif
|
IX. RUBRIK
PENILAIAN
IX. Sumber Belajar, Alat,Bahan
v
|
Pustaka rujukan
|
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA
kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Kaset rekaman berita TV
|
v
|
Mediacetak dan elektronik
|
Viva news ” Kalkulator Ini Hitung Harga
Facebook Anda”
Kamis, 17 Mei 2012, 06:31 WIB
|
|
Website internet
|
Download Link : http://www.ziddu.com/download/
17682219 /
|
|
Narasumber
|
Karlina
Octaviany, Amal Nur Ngazis
|
|
Model peraga
|
Guru
|
v
|
Lingkungan
|
Lingkungan
masyarakat sekitar siswa
|
X. RUBRIK PENILAIAN
1.
Jenis Tagihan:
1)
tugas individu
2)
ulangan
2.
Bentuk Instrumen:
1)
performansi
2)
uraian singkat
3. kisi-kisi
penilaian
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis
sekolah
|
: SMA
|
Alokasi Waktu
|
: 90 menit
|
|||||
Mata pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Jumlah soal
|
: 4 buah ,
|
|||||
Kurikulum
|
: KTSP
|
Penulis
|
: Sri Hartati, S.Pd.
|
|||||
bentuk
tes
|
: esai
|
|
|
|||||
NO
|
SK
|
K D
|
KLS/
SMSTR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
|
NO
SOAL
|
|
1
|
1
|
1.1 Memberikan tanggapan terhadap informasi dari media cetak atau elektronik
|
X/1
|
berita
|
Disajikan penggalan berita, siswa diminta:
1.
menuliskan pokok-pokok berita
2.
menyusun ringkasan berita
3.
menanggapi berita
4.
menyampaikan
ringkasan dan tangapan terhadap berita
|
C4
C4
C4
C5
|
1
2
3
4
|
|
4. Soal atau instrumen
Dengarkanlah berita berikut dengan saksama, kemudian :
1)
tuliskan
pokok-pokok berita
2)
Susunlah ringkasan berita tersebut berdasarkan
pokok-pokok berita secara runtut
3)
Buatlah tanggapan terhadap isi berita
4)
Sampaikanlah
ringkasan dan tanggapan terhadap isi berita di depan kelas
5.
Kunci instrumen
1)
Pokok-pokok
berita
(1)
Pendapatan
facebook sebagian berasal dari iklan
sebesar 85 persen.
(2)
Untuk
menghitung berapa besar kontribusi pengguna facebook, abin membuat kalkulator
online guna menghitung seberapa banyak kontribusi pengguna bagi keuntungan
facebook besutan Mark Zukenberg
(3)
Jika Anda
berada di facebook, Anda menjadi produk facebook tersebut
(4)
Kalkulator
online mempunyai formula khusus, semakin banyak pengguna membagi informasi,
foto, dan berbagai ungkapan ”like” , Anda makin bernilai bagi facebook
(5)
Kalkulator
online juga dapat menentukan sebarapa banyak keuntungan facebook berdasarkan
jumlah teman
(6)
Kalkulator
dirancang untuk menyoroti fakta bahwa layanan Facebook tidak gratis
(7)
analis
mengatakan bahwa Facebook akan meningkatkan pendapatan sebesar 41 persen selama
5 tahun
(8)
Kalkulator
Val-you adalah kalkulator yang dapat menunjukkan bahwa setiap pengguna memiliki
nilai bagi facebook
2)
Ringkasan
Berita
Kalkulator val-you adalah kalkulator online yang
berfungsi untuk menghitung seberapa berarti kita dalam facebook. Kalkulator dirancang untuk menyoroti fakta
bahwa facebook tidak gratis. Kalkulator online mempunyaiformula khusus, semakin
banyak pengguna berbagi informasi, foto, dan berbagai ungkapan ”like” berarti
kit asemakin bernilai bagi facebook. Selain itu , kalkulator juga menentukan
seberapa banyak keuntungan facebook berdasarkan jumlah teman. Sebagian
keuntungan facebook besutan Mark
Zukenbeg .didapat dari iklan sejumlah 85
%. Analis mengatakan bahwa facebook,akan meningkatkan pendapatan sebesar 41 %
selama 5 tahun. Jadi jika kita berada di facebook berarti kita adalah produk
facebook tersebut.
3)
Tanggapan
terhadap Isi Berita.
Keberadaan facebook memang
sudah kita rasakan berbagai
manfaatnya.Namun demikian, kita perlu mewaspadai kerugian yang dapat muncul
pada diri kita dengan facebook tersebut, apalagi jika kita sampai pada tingkat
candu facebook, tentunya banyak waktu kita akan terbuang sia-sia. Padahal,
waktu adalah uang , waktu dapat menjadi pedang
bagi pecandu facebook. Sebagai
remaja pelajar, kita tidak boleh larut dalam facebook. Manfaatkan facebook
seperlunya saja.
4)
Sampaian siswa
terkait ringkasan dan tanggapan dinilai maksimal apabila isinya lebih kurang
sama dengan 3 kunci instrumen di atas, ditambah dengan kekomunikatifan
penyampaiannya.
6.
Format Penilaian
Tanggapan Terhadap Isi Berita
NAMA/NUS
|
ASPEK YANG
DINILAI DAN NILAI
|
JUMLAH
NILAI
|
KETERA
NGAN
|
|||
Kelengkapan Pokok-pokok berita
|
Ketepatan
Ringkasan isi berita
|
Ketepatan dan
keaslian tanggapan
|
Ketepatan
penyampaian ringkasan dan tanggapan
|
|
|
|
D
( ()-20)
|
C
(0-20)
|
B
(0-30)
|
A (0-30)
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
Padang, 20 Mei 2012
|
Mengetahui Kepala SMA Negeri 2 Padang
|
Guru Mata
Pelajaran
|
Drs.Prima
Yunaldi,M.M.
NIP.
196812271993031004
|
Sri Hartati,
S.Pd.
NIP
196108181984122002
|
Komentar
Posting Komentar