DINAS PENDIDIKAN KOTA PADANG SATUAN PENDIDIKAN  :   SMA N 2 PADANG
ULANGAN HARIAN I BAHASA INDONESIA
SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015-2016                                 




Nama Peserta Ujian:                                                            Kelas,Jurusan:                                       Tgl:

NO
SOAL
1.       
Identifikasilah apa struktur cerita sejarah berikut kemudian jelaskan informasinya dengan ringkas dan tepat!

Selamat Jalan Bapak Perdamaian

1.   Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun. Pria yang bernama kecil Rolihlala Mandela ini meninggal karena penyakit infeksi paru  di  kediamannya,  Johannesburg, Afrika  Selatan,  pada  5 Desember 2013.

2. Ketika Nelson meninggal,ucapan duka mengalir dari seluruh pelosok dunia atas kepergian pahlawan penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini. Seluruh dunia bersedih atas kepergian seorang tokoh besar yang namanya melambung tinggi karena cita-cita serta perjuangannya untuk perdamaian dan keadilan pada awal abad ke-21.

3. Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak dominasi kulit putih atau pun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya, Mandela tidak hanya meraih penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian tahun 1993, tetapi juga kehormatan dan penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.

4.   Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013. Para pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan telah bermusuhan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro. Dua pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman kemudian bersapa sambil tersenyum.
5.   Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat ia meghabiskan masa kecilnya, 15 Desember 2013. Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela setelah dibebaskan dari penjara tahun 1990. Mandela dipenjarakan oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun (1964—1990).

6.   Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria, tempat dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada 1994.

(Sumber: Litbang Kompas, Buku Pintar Kompas 2013, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2014, halaman 380—381)   

… .



                  

















2.       
Temukanlah kaidah kebahasaan teks sejarah di atas dengan menuliskan contoh yang disertai penjelasan:

 1) konjungsi temporal sederajat … .

… .

2) konjungsi temporal tidak sederajat … .

… .

3)  kata benda berupa nominalisasi

(1) prefiks,… .


(2)sufiks,… .


(3)konfiks,… .






5)kelompok nomina modifikatif,


 6)kelompok nomina koordinatif,


7)kelompok nomina apositif,


8)kelompok verba modifikaif,


9)kelompok verba koordinatif,


10)kelompok verba apositif,
3.       
Tulislah  ciri teks sejarah 4 buah!

1)                   

2)                   

3)                   

4)                   
4) kalimat dengan menggunakan kata nominalisasi temuanmu yang terdapat pada jawaban soal nomor 3 di atas, masing-masing satu kalimat yang bernilai sejarah!

(1)… .



(2)… .



(3)… .
















Postingan populer dari blog ini

Makna Metafisis Puisi Cermin Karya Sapardi Joko Damono, dari Web Mahasiswa UNAIR

SOAL PRA-UN

Akronim kata 'Pintar'