SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
XII / 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan:
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
1.1
Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
|
Laporan dari media elektronik
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
mendengarkan
laporan dari
suatu kegiatan
2.
mencatat
pokok- pokok isi laporan
3.
membedakan kalimat
yang berupa fakta
dan berupa opini
4. menentukan kalimat
yang
berupa fakta
5. menentukan kalimat
yang berupa opini
|
1. menentukan fakta dan opini dari
laporan acara di TV
2. mengomentari laporan tersebut
|
|
·
Mencatat pokok-pokok isi laporan
·
Membedakan kalimat yang berupa
fakta dan yang berupa opini (pendapat)
·
Menanggapi kebenaran fakta dan
opni
|
4 x 45’
|
Teks laporan dari media elektronik
|
1.2
Mengomentari
berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
|
Laporan kegiatan ekstrakurikuler
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
mendengarkan
laporan
dari
suatu
kegiatan
2.
mengemukakan
kritik dari isi laporan secara
logis
3.
memberikan saran
untuk perbaikan
laporan
|
|
1. mendengarkan laporan dari suatu
kegiatan
2. mengemukakan kritik dan isi
laporan secara logis
3. memberikan saran untuk
perbaikan laporan
|
·
Mengemukakan kritik isi laporan
·
Memberikan saran untuk perbaikan
laporan
|
4 x 45’
|
Laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah
setempat
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
XII / 1
Standar Kompetensi : Berbicara:
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam
diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
2.1
Menyampaikan
gagasan dan
tanggapan
dengan alasan
yang logis
dalam diskusi
|
Percakapan
dalam seminar atau gelar wicara (talk
show)
|
1.
Cermat
2.
Jujur
3.
Kerja
keras
4.
Disiplin
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Melaksanakan
diskusi
2.
Mencatat
siapa
yang
berbicara dan apa pokok yang
dibicarakan
3.
Mengajukan
pertanyaan atau
tanggapan dengan
alasan yang logis
4.
mengajukan
argumentasi yang
dapat mendukung
atau menentang
pendapat
pembicara
|
|
Mencatat
siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
ungkapan persetujuan atau penolakan
penyambung
antarkalimat tambahan pula, di samping itu, lagi pula
|
1.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
2.
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata
sambung dalam kalimat
|
4 x 45’
|
Percakapan
dalam seminar atau gelar wicara (talk
show)
|
2.2
Menyampaikan
intisari
buku
nonfiksi dengan
menggunakan
bahasa yang
efektif dalam
diskusi
|
Buku
nonfiksi
· Intisar
buku
· Hal-hal yang menarik dalam buku
· memberikan komentar
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
membaca
buku
nonfiksi
2.
menulis
intisari
buku
3.
menyampaikan
intisari buku
nonfiksi
dengan
menggunakan
bahasa
yang efektif
memberikan
komentar terhadap isi penyampaian teman
|
1. membuat intisari buku
2. mengemukakan hal-hal yang
menarik dari atau yang mengagunkan tentang tokoh
|
|
1.
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku
nonfiksi
2.
menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
|
4 x 45’
|
Buku nonfiksi
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
XII / 1
Standar Kompetensi : Membaca: 3.Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
3.1
Menemukan
ide pokok
dan
permasalahan
dalam artikel
melalui
kegiatan
membaca
intensif
|
Artikel
ilmiah dalam media elektronik (internet)
·
Ide pokok
·
Rangkuman artikel
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1. Membaca
artikel
2. menemukan ide
pokok tiap paragraf
3.
merangkum
isi
seluruh artikel
4. mencari
permasalahan
dalam artikel
5. membahas ide
pokok dan
rangkuman isi
artikel
yang telah
dibuat
6.
mengidentifikasi
kalimat majemuk
|
|
1.
Menemukan ide pokok tiap paragraf
2.
Merangkum isi seluruh artikel
3.
Membahas ide pokok dan rangkuman artikel
|
1.
Menemukan ide pokok tiap paragraf
2.
membuat rangkuman isi seluruh artikel
3.
membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
|
4 x 45’
|
Artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
Buku-buku penunjang
|
3.2
Membaca
nyaring teks
pidato dengan
intonasi yang
tepat
|
Teks pidato dari
internet/ media cetak
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.menandai
bagian –
bagian yang
merupakan
informasi penting
2. membacakan
teks
pidato dengan
pemakaian intonasi
dan ekspresi yang
tepat
3. menanggapi
pembacaan teks pidato
yang dilakukan teman
|
1.
Membacakan teks pidato denganpemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat
2.
Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman
|
|
1.
Membacakan teks pidato dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
2.
Menanggapi pembacaan teks pidato
|
4 x 45’
|
Teks pidato dari internet/ media cetak
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
XII / 1
Standar Kompetensi : Menulis: 4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk
surat dinas, laporan, resensi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
||||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||||
4.1
Menulis
surat
lamaran
pekerjaan
berdasark
an unsur-
unsur dan
struktur
|
Contoh surat
lamaran
· Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· Struktur surat lamaran
pekerjaan
· Penggunaan bahasa dalam surat
lamaran pekerjaan
· Penggunaan EyD dalam penulisan surat lamaran
pekerjan
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
membaca contoh surat lamaran
pekerjaan
berdasarkan iklan
atau inisiatif sendiri
2.
mengidentifikasi unsur – unsur dalam surat lamaran pekerjaan
3.
menyusun surat
lamaran pekerjaan berdasarkan
iklan
atau inisiatif sendiri
4.
memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan
kalimat, penggunaan
EyD
|
1.
Menyusun surat lamaran ekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
2.
Memperbaiki surat
lamaran pekerjaan dari segi unsur, struktur, penggunaan bahasa, dan
penggunaan EyD
|
|
Memperbaiki surat
dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EyD
|
4 x 45’
|
Buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
|
||
4.2
Menulis
Surat
dinas
berdasark
an isi,
bahasa,
dan
format
yang baku
|
Contoh surat
dinas
·
Unsur-unsur
surat dinas
·
Struktur
surat dinas
·
Penggunaan
bahasa dalam surat dinas
·
Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
membaca
contoh surat dinas
2.
mengidentifikasi
struktur surat dinas (undangan rapat)
3.
menentukan komponen- komponen surat undangan rapat
4.
menulis
surat undangan rapat kedinasan
5.
menyunting
surat undangan
rapat
dengan memperhatikan
penggunaan
EyD, diksi, dan
bahasa
|
1. Menulis surat
undangan
rapat kedinasan
2. Menyunting surat
undangan rapat dengan
emperhatikan
penggunaan
EYD, diksi,
dan bahasa.
|
|
1. Menulis surat undangan
2. Menyunting surat
undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, dan diksi
|
2 x 45’
|
Buku tentang surat-menyurat
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
||||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||||
4.3
Menulis
laporan
diskusi
dengan
melampir
kan
notulen
dan
daftar
hadir
|
1.
Contoh
laporan diskusi
2. unsur-unsur laporan diskusi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.membaca contoh
laporan diskusi
2.
mengidentifikasi unsur- unsur
yang
terdapat dalam laporan hasil
diskusi
3. menyusun
laporan hasil diskusi
(kelas atau seminar)
4. melengkapi
laporan dengan lampiran
(notulen dan daftar hadir)
5. mendiskusikan
laporan diskusi
|
|
Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar
hadir peserta)
|
1.Menyusun laporan hasil diskusi
(kelas atau seminar)
2.Melengkapi laporan dengan
lampiran
|
2 x 45’
|
Laporan diskusi
|
||
4.4
Menulis
resensi
buku
pengetahu
an
berdasark
an format
baku
|
Rresensi buku
pengetahuan
Unsur-unsur
resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang
penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
membaca
buku (yang dimiliki sekolah atau
siswa itu sendiri) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
2.
menulis
resensi buku dengan
memperhatikan kelengkapan
unsur-
unsur resensi antara
lain:
a. identitas buku
b. isi yang penting/ menarik
c. bahasa pengarang
d. keunggulan
e. kelemahan
f. kesimpulan
3.
mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur resensi yang ditulis teman
|
Menulis resensi
buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
|
|
Menulis resensi buku dengan memperhatikan
kelengkapan unsur-unsur resensi
|
4 x 45’
|
Komposisi
Gorys Keraf
|
||
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
XII / 1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan: 5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
5.1
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi
vokal, intonasi, dan penghayatan
|
Penggalan novel
1.
Menanggapi segi vokal
2.
Intonasi
3.
penghayatan
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
mendengarkan pembacaan
penggalan
novel
2.
menanggapi
pembacaan
penggalan
novel dari
segi
vokal,
intonasi, dan
penghayatan
|
|
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi
vokal, intonasi, dan penghayatan
|
1.
Mendengarkan pembacaan penggalan novel
2.
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan
penghayatan
|
2 x 45’
|
Buku novel
Media setempat
Buku-buku penunjang
|
5.2
Menjelaskan unsur-unsur
intrinsik dari pembacaan penggalan novel
|
Penggalan novel
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun sastra (tema, pesan,
penokohan,
alur, sudut
pandang,
konflik) dalam
penggalan novel
yang dibacakan
tema
2.
mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik penggalan novel
|
|
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel
|
1.
Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur,
pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel yang dibacakan teman
2.
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik
penggalan novel
|
2 x 45’
|
Buku novel
Media setempat
Buku-buku penunjang
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 P{adang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara: 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan
puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
6.1
Menanggapi
pembacaan
puisi lama
tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat
|
1.
Puisi
lama
(pantun)
2.
Menanggapi
pembacaan
puisi dari
segi:
a. lafal
b. intonasi
c. ekspresi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
mendeklamasikan/
membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan
teman- teman dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang sesuai
2.
menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun)
tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
3.
memperbaiki cara
pembacaan
berdasarkan masukan dari teman atau guru
|
|
Menanggapi pantun adat di
tempat masing-masing
|
Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun
/ pantun adat) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
4 x 45’
|
Buku kumpulan puisi lama
|
6.2
Mengomentari
pembacaan puisi
baru
tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
1.
Puisi
baru
2.
Mengomentari
pembacaan puisi dari segi
a.
lafal
b.
intonasi
c.
ekspresi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman
dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi
yang sesuai
memperbaiki
cara pembacaan
berdasarkan masukan dari
teman atau guru
2.
menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,
intonasi, dan ekspresi
yang tepat
|
Menanggapi pembacaan puisi yang
ditampilkan oleh teman
|
|
Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
4 x 45’
|
Buku kumpulan puisi baru/ media cetak/
elektronik
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca: 7.
Memahami
wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
7.1
Membacakan
puisi karya
sendiri
dengan lafal,
intonasi,
penghayatan
dan ekspresi
yang sesuai
|
Puisi karya
teman
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
menulis puisi karya
sendiri
2.
menandai jeda puisi karya sendiri
3.
membacakan puisi karya
sendiri dengan memperhatikan:
a. lafal
dan intonasi
b. penghayatan
c. mimik/gerak
dan
d. ekspresi yang sesuai
4.
menentukan makna puisi karya teman
5.
mengomentari puisi karya teman
|
Mengomentari puisi karya teman
|
|
1.
Menentukan makna puisi karya teman
2.
Mengomentari puisi karya teman
|
4 x 45’
|
Puisi karya sendiri
|
7.2
Menjelaskan
unsur-unsur
intrinsik
cerpen
|
Cerpen
,
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
membaca
cerpen
2.
menceritakan
kembali isi cerpen
3.
menjelaskan
unsur-unsur pembangun sastra (misalnya, tema, alur, latar, penokohan, atau
pesan) dengan data yang mendukung
4.
mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
|
Menanggapi
unsur intrinsik salah satu cerpen yang dipilihd.
|
1.
Menceritakan kembali isi cerpen yang dibaca.
2. Menjelaskan unsur-unsur
pembangun cerpen.
|
4 x 45’
|
Kumpulan cerpen/ media cetak/ internet
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar
Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk
resensi dan cerpen
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
8.1
Menulis
resensi
buku
kumpulan
cerpen
berdasarkan
unsur-unsur
resensi
|
1.
Buku
kumpulan
cerpen
2.
Unsur-unsur
resensi
a.
Identitas buku
b.
Kepengarangan
c.
Kekurangan dan kelebihan isi buku
d.
bahasa
pengarang, dll
|
1. Jujur
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Rasa ingin tahu
5. Komunikatif
6. Tanggung jawab
7. Peduli lingkungan
8. Menghargai prestasi
|
1.membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di
daerah setempat)
2.menulis
resensi buku kumpulan cerpen
dengan memperhatikan
kelengkapan unsur- unsur resensi: identitas
buku,
kepengarangan, kekurangan
dan kelebihan buku, bahasa
pengarang, dll.
3.mendiskusikan resensi yang telah dibuat
|
|
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan
memperhatikan kriteria penulisan resensi
|
Menentukan
keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
|
4 x 45’
|
Buku kumpulan cerpen
|
8.2
Menulis
cerpen
berdasarkan
kehidupan
orang
lain
(pelaku,
peristiwa,
latar)
|
1.
Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan
kondisi setempat)
2.
Unsur-unsur cerpen
|
1. Jujur
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Rasa ingin tahu
5. Komunikatif
6. Tanggung jawab
7. Peduli lingkungan
8. Menghargai prestasi
|
1.menentukan topik
tentang kehidupan orang lain
(berdasarakan situasi dan kondisi daerah setempat)
2.menulis cerpen tentang kehidupan orang
lain dengan memperhatikan
3.unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik,
latar, sudut pandang, alur, dan gaya
bahasa)
4.menanggapi cerpen yang ditulis teman
|
|
Mengomentari cerpen yang ditulis teman.
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yang ditulis
teman
|
4 x 45’
|
Teknik Mengarang,
Mochtar Lubis
Buku yang terkait dengan cerpen
|
Mengetahui, Padang,
Mei 2013
Kepala SMAN 2 Padang Wakasek Kurikulum Guru
Mata Pelajaran
Habibul
Fuadi, S.Pd., M.Si. Dra.
Enny Sasmita, M.Pd. Sri
Hartati, S.Pd.
NIP
196909211995031002 NIP 19710313 199301 1 001 NIP
196108181984122002
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan: 9. Memahami
informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
9.1
Mengajukan
saran
perbaikan
tentang
informasi
yang
disampaikan
secara
langsung
|
Informasi
secara langsung
1.
pokok-pokok isi informasi
2.
cara mengajukan saran
3.
ringkasan isi informasi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
9.
Mendengarkan informasi
secara langsung
10. Mengajukan saran perbaikan
kepada pembicara
11. Menulis ringkasan isi
informasi
|
Menulis
ringkasan isi informasi
|
|
1.
Mencatat pokok-pokok
informasi yang disampaikan secara langsung
2. Mengajukan saran perbaikan
kepada pembicara
3. Menulis ringkasan isi informasi
|
2 x 45’
|
Informasi
secara langsung
|
9.2
Mengajukan
saran
perbaikan
tentang
informasi
yang
disampaikan
melalui
radio/televisi
|
Rekaman
informasi
1. pokok-pokok
isi informasi
2.
cara mengajukan saran
3.
ringkasan isi informasi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Mendengarkan informasi
melalui radio/ televisi
2.
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang
informasi yang disampaikan
3.
Menulis ringkasan isi
informasi yang disampaikan melalui
radio/ televisi/ rekaman informasi
|
Menulis
ringkasan isi informasi
|
|
1.
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang
disampaikan melalui radio/ televisi/
rekaman
2.
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang
informasi yang disampaikan
3.
Menulis ringkasan isi
informasi yang disampaikan melalui
radio/ televisi/ rekaman
|
2 x 45’
|
Rekaman
informasi dari radio/ televisi
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara: 10. Mengungkapkan informasi
melalui presentasi program/proposal dan
pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
10.1Mempresentasikan
program kegiatan/proposal
|
Program
kegiatan/ proposal
1.
berpresentasi
2.
diskusi dengan
santun berdiskusi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Menyusun program kegiatan/
proposal (di rumah)
2.
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci
untuk mendapatkan tanggapan
3.
Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
4.
Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan
berbagai masukan
|
|
Membuat sebuah
proposal kegiatan
|
1.
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci
untuk mendapatkan tanggapan
2.
Mengemukakan informasi
tambahan yang dapat mendukung
program kegiatan/ proposal
3.
Memperbaiki program
kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
|
4 x 45’
|
Komposisi
oleh
Gorys Keraf
|
10.2 Berpidato tanpa teks dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang
tepat
|
Ide masing-masing siswa dan
berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan
sikap yang tepat *
2.
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang
disampaikan teman
3.
Memperbaiki cara berpidato
dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
|
Membuat sebuah naskah pidato
|
|
1.
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan
sikap yang tepat
2.
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang
disampaikan teman
3.
Memperbaiki cara berpidato
dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
|
8 x 45’
|
Komposisi
oleh
Gorys Keraf
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca: 11. Memahami ragam wacana tulis
melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
11.1
Menemukan ide
pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
|
Teks 900 – 1050 kata)
1.
Teknik membaca cepat
2. Rumus membaca cepat
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membaca teks
2.
Menemukan ide
pokok
3.
Menjawab
secara benar
75% dari seluruh
pertanyaan yang
tersedia
|
|
Membaca sebuah teks dan menngajukan beberapa pertanyaan tentang isi teks
|
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75%
dari seluruh pertanyaan yang tersedia
|
2 x 45’
|
Artikel/
berita dari media cetak/ elektronik
|
11.2
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi
dengan membaca intensif
|
Teks yang berpola induktif
dan deduktif
1. Ciri-ciri paragraf induktif
dan deduktif
2. Kalimat kesimpulan
|
1.
jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
Menentukan kalimat kesimpulan isi teks
berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan
dalam tulisan/ artikel
|
|
Menentukan butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
|
1. Menemukan paragraf yang berpola induktif
2. Mengidentifikasi ciri-ciri teks
yang berpola induktif
3. Menemukan paragraf yang
berpola deduktif
4. Mengidentifikasi ciri-ciri
paragraf yang berpola deduktif
5. Mendaftar butir-butir yang
merupakan gagasan pendukung
|
2 x 45’
|
Teks
dari media cetak/ elektronik
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis: 12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
|
Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatiakn:
1.
Ciri-ciri
2.
kalimat
kesimpulan
3.
letak kalimat
kesimpulan
4. penggunaan
bahasa
|
1. Jujur
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Rasa ingin tahu
5. Komunikatif
6. Tanggung jawab
7. Peduli lingkungan
8. Menghargai prestasi
|
1. Menulis karangan yang berpola deduktif dan
induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
2.
Menyunting karangan berpola
deduktif dan induktif
|
|
Menulis karangan yang berpola deduktif atau induktif
|
Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif
berdasarkan kerangka
Menyunting
karangan
berpola
deduktif
induktif
|
4 x 45’
|
Teks
dari media cetak/ elektronik
|
12.2 Menulis esai berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
Esai
|
1.
Jujur
2.
Kerja keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membaca contoh esai
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri
esai
3.
Menulis esai
dengan memperhatikan
pola pengembangan pembuka,
isi,
dan penutup
4.
Memperbaiki essay (dengan
mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
|
|
Menlis esai
|
1.
Menentukan topik untuk menulis esai
2.
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola
pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam
beberapa paragraf
|
4 x 45’
|
Contoh
esai dari media cetak/ elektronik
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan: 13.
Memahami
pembacaan teks drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks
drama yang dididengar melalui pembacaan
|
Teks
drama
Unsure-unsur
intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
|
1.
Jujur
2.
Kerja keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Mendengarkan
pembacaan teks
drama
2.
Menemukan unsur-
unsur intrinsik teks
drama yang didengar
melalui
pembacaan
3.
Mendiskusikan unsur
intrinsik teks drama
yang didengar
4.
Melaporkan hasil
diskusi
|
|
Membaca sebuah teks drama
|
1.
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang
didengar melalui pembacaan
2.
Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
|
2 x 45’
|
Buku
kumpulan drama
|
13.2 Menyimpulkan isi drama
melalui pembacaan teks drama
|
Teks
drama
Simpulan
isi drama
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan
konteks
2.
Mendiskusikan kesimpulan isi teks drama
|
|
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi
dan konteks
|
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi
dan konteks
|
2 x 45’
|
Buku
kumpulan drama
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara: 14.
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai
yang terkandung dalam gurindam
|
Teks gurindam
1.
Ciri-ciri gurindam
2.
Nilai-nilai (budaya, agama,
estetika, moral)
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
2.
Membacakan gurindam
3.
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam
yang didengar
4.
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
yang didengar
|
|
Membaca beberapa gurindam
|
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
2.
Membacakan gurindam
3.
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung
dalam gurindam
4.
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
|
2 x 45’
|
Puisi Lama, Sutan Takdir
Alisjahbana
|
14.2
Menjelaskan
keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
Teks gurindam
Mengaitkan
isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
2.
Menyimpulkan pesan-pesan
yang terdapat dalam gurindam
|
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
|
|
1.
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
2.
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
|
2 x 45’
|
Puisi Lama, Sutan Takdir
Alisjahbana
Buku
yang memuat gurindam
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca : 15. Memahami
buku kumpulan puisi kontemporer dan
karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
15.1Mengidentifikasi tema dan
ciri-ciri puisi kontemporer melalui
kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
|
Kumpulan
puisi kontemporer
1.
Ciri-ciri puisi
kontemporer
2. Tema
puisi
kontemporer
3. Bentuk
puisi
kontemporer
4. Diksi
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membaca kumpulan
puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik
Ismail)
2.
Mengidentifikasi
tema dan ciri-ciri puisi
kontemporer
3.
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
4.
Mendiskusikan tema
dan ciri-ciri puisi
|
|
Menemukan puisi kontemporer dan
mengidentifikasi ciri-ciri puisi tersebut
|
1. Mengidentifikasi tema puisi
kontemporer
2. Mengidentifikasi ciri-ciri
puisi kontemporer
3. Menjelaskan maksud isi puisi
kontemporer
|
2 x 45’
|
Pengkajian
Puisi
|
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik
angkatan melalui membaca karya sastra yang
dianggap penting pada setiap periode
|
Karya sastra berdasarkan periodisasi
1.
Karakteristik
karya sastra
setiap
angkatan/
periode
2.
Perbedaan
karakteristik
karya sastra
setiap angkatan/ periode
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membaca karya
sastra dari
tiap
periode
2.
Mengidentifikasi
karakteristik karya
sastra pada tiap
periode
3.
Menemukan
4.
perbedaan karakteristik
tiap periode
5.
Mendiskusikan karya-karya
pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
|
Mendiskusikan
karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa
sejarah, gaya penulisan, dll)
|
|
1. Menentukan hasil-hasil karya
sastra penting pada tiap periode
2. Mengidentifikasi
karakteristik karya sastra pada tiap periode
3. Menemukan perbedaan
karakteristik tiap periode
4. Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut
(misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
|
2 x 45’
|
Leksikon
Sastra
Karya
sastra setiap periode
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMAN 2 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis 16. M.engungkapkan pendapat dalam
bentuk kritik dan esai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||
Tatap
Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Kegiatan
Mandiri Tidak Tersruktur
|
||||||
16.1
Memahami
prinsip-prinsip
penulisan
kritik dan esai
|
Kritik dan esai
1.
Ciri-ciri kritik dan esai
2.
Perinsip penulisan kritik dan esai
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Membaca kritik dan esai
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
3.
Menjelaskan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
|
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
2.
Menjelaskan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
|
4 x 45’
|
Kritik sastra, H.B. jassin
Buku
yang terkait dengan kritik dan esai
|
16.2
Menerapkan
\prinsip-prinsip
penulisan
kritik dan esai
untuk
mengomentari
karya sastra
|
Pengembangan gagasan
atau pendapat untuk menulis kritik dan
esai
1.
Ciri-ciri kritik dan esai
2.
Perinsip penulisan kritik dan esai
3.
Cara menulis kritik dan esai
|
1.
Jujur
2.
Kerja
keras
3.
Disiplin
4.
Rasa
ingin tahu
5.
Komunikatif
6.
Tanggung
jawab
7.
Peduli
lingkungan
8.
Menghargai
prestasi
|
1.
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
2.
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
|
|
Menyunting tulisan kritik
dan esai sastra
|
1.
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip
kritik dan essay
2. Menyunting tulisan kritik
dan esai sastra
|
4 x 45’
|
Kritik sastra, H.B. Jassin
Buku
yang terkait dengan kritik dan esai
|
Padang, Mei 2014
Mengetahui,
Kepala SMAN 2 Padang
|
Wakasek
Kurikulum
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
Habibul Fuadi, S.Pd., M.Si.
NIP 196909211995031002
|
Wiranda, S.Pd.M.Si
NIP 19710313 199301 1 001
|
Dra. Enny Sasmita, M.Pd
NIP. 196707041992032005
|
Sri Hartati, S.Pd.
NIP 196108181984122002
|