SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII / 1
Standar Kompetensi   : Mendengarkan: 1. Memahami informasi dari berbagai laporan

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
1.1
Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

Laporan dari media  elektronik


1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.    mendengarkan 
     laporan  dari 
     suatu  kegiatan
2.     mencatat pokok- pokok  isi  laporan
3.    membedakan  kalimat  yang  berupa fakta 
    dan berupa opini
4.   menentukan  kalimat 
    yang berupa fakta
5.   menentukan  kalimat  
   yang  berupa opini
1.      menentukan fakta dan opini dari laporan acara di TV
2.      mengomentari laporan tersebut









·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menanggapi  kebenaran fakta dan opni


4 x 45’
Teks laporan dari media  elektronik


1.2 
Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Laporan kegiatan ekstrakurikuler

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.    mendengarkan 
   laporan  dari 
   suatu  kegiatan
2.    mengemukakan  kritik  dari isi laporan secara
logis
3.   memberikan  saran  untuk  perbaikan
    laporan







1.   mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
2.   mengemukakan kritik dan isi laporan secara logis
3.   memberikan saran untuk perbaikan laporan

·      Mengemukakan kritik  isi laporan
·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan

4 x 45’








Laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat






SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII / 1
Standar Kompetensi   : Berbicara: 2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu

Sumber/
Bahan/Alat

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
2.1
Menyampaikan
gagasan dan
tanggapan
dengan alasan
yang logis
dalam diskusi


Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)


1.    Cermat
2.    Jujur
3.    Kerja keras
4.    Disiplin
5.    Komunikatif
6.    Tanggung jawab
7.    Peduli lingkungan
8.    Menghargai prestasi
1.   Melaksanakan
     diskusi
2.   Mencatat siapa
     yang  berbicara dan apa  pokok yang dibicarakan
3.   Mengajukan
     pertanyaan atau
     tanggapan dengan
     alasan yang logis
4.   mengajukan
     argumentasi  yang
     dapat  mendukung 
     atau menentang 
     pendapat
     pembicara

Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
ungkapan persetujuan atau penolakan
penyambung antarkalimat tambahan pula, di samping itu, lagi pula
1.      Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
2.      Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
4 x 45’
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)


2.2
Menyampaikan
intisari buku
nonfiksi dengan
menggunakan
bahasa yang
efektif  dalam
diskusi

Buku nonfiksi
·   Intisar
    buku
·   Hal-hal yang menarik dalam buku
·   memberikan komentar

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      membaca buku
nonfiksi
2.      menulis intisari
buku
3.      menyampaikan
intisari buku
 nonfiksi dengan
 menggunakan
 bahasa yang efektif
memberikan
komentar terhadap isi  penyampaian   teman
1.      membuat intisari buku
2.      mengemukakan hal-hal yang menarik dari atau yang mengagunkan tentang tokoh


1.      Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
2.      menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
4 x 45’
Buku nonfiksi





SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII / 1
Standar Kompetensi   : Membaca: 3.Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu

Sumber/
Bahan/Alat

Tatap Muka

Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
3.1
Menemukan
ide pokok
dan
permasalahan
dalam artikel
melalui
kegiatan
membaca
intensif
           
Artikel ilmiah dalam media elektronik (internet)
·      Ide pokok
·      Rangkuman artikel

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1. Membaca artikel
2. menemukan ide
     pokok tiap paragraf
3.   merangkum isi
seluruh artikel
4.   mencari
permasalahan
     dalam artikel
5.   membahas ide
pokok dan
rangkuman isi
     artikel yang telah
     dibuat
6. mengidentifikasi
     kalimat majemuk

1.      Menemukan ide pokok  tiap paragraf
2.      Merangkum isi seluruh artikel
3.      Membahas ide pokok dan rangkuman artikel

1.      Menemukan ide pokok  tiap paragraf
2.      membuat rangkuman isi seluruh artikel
3.      membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
4 x 45’
Artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik

Buku-buku penunjang
3.2
Membaca
nyaring teks
pidato dengan
intonasi yang
tepat
Teks pidato dari  internet/ media cetak


1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.menandai bagian –
    bagian yang  
    merupakan
    informasi penting
2. membacakan teks
    pidato  dengan 
    pemakaian intonasi
    dan ekspresi  yang 
    tepat
3. menanggapi
    pembacaan teks pidato
    yang dilakukan  teman
1.      Membacakan teks pidato denganpemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
2.      Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman

1.      Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
2.      Menanggapi pembacaan teks pidato
4 x 45’
Teks pidato dari internet/ media cetak





SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII / 1
Standar Kompetensi   : Menulis:  4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
Tatap Muka

Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
4.1
Menulis
surat
lamaran
pekerjaan
berdasark
an unsur-
unsur dan
struktur

Contoh surat lamaran
· Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· Struktur surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan EyD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      membaca  contoh surat lamaran 
       pekerjaan 
       berdasarkan iklan
       atau inisiatif sendiri
2.      mengidentifikasi unsur – unsur  dalam surat lamaran pekerjaan
3.      menyusun surat  lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan   
       atau inisiatif  sendiri
4.      memperbaiki surat dari segi  struktur, diksi, kejelasan 
       kalimat, penggunaan  EyD
1.     Menyusun surat lamaran ekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
2.     Memperbaiki surat  lamaran pekerjaan dari segi unsur, struktur, penggunaan bahasa, dan penggunaan EyD

Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaan EyD
4 x 45’
Buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
4.2
Menulis
Surat
dinas
berdasark
an isi,
bahasa,
dan
format
yang baku

Contoh surat dinas
· Unsur-unsur surat dinas
· Struktur surat dinas
· Penggunaan bahasa dalam surat dinas
· Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi




1.      membaca contoh  surat dinas
2.      mengidentifikasi struktur surat  dinas (undangan rapat)
3.      menentukan komponen- komponen surat undangan rapat
4.      menulis surat undangan  rapat kedinasan
5.      menyunting surat undangan
       rapat dengan memperhatikan
       penggunaan EyD,  diksi, dan
       bahasa
1. Menulis surat
    undangan
    rapat kedinasan
2. Menyunting surat undangan rapat dengan
       emperhatikan
       penggunaan
       EYD, diksi,
       dan bahasa.

1. Menulis surat undangan
2. Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, dan diksi
2 x 45’
Buku tentang surat-menyurat
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur

Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
4.3
Menulis
laporan
diskusi
dengan
melampir
kan
notulen
dan
daftar
hadir

1.      Contoh laporan diskusi
2.      unsur-unsur laporan diskusi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.membaca contoh laporan diskusi
2. mengidentifikasi unsur- unsur
    yang  terdapat dalam laporan hasil
    diskusi
3. menyusun laporan hasil diskusi
    (kelas atau seminar)
4. melengkapi laporan dengan  lampiran
    (notulen dan daftar hadir)
5. mendiskusikan laporan diskusi

Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)

1.Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
2.Melengkapi laporan dengan lampiran
2 x 45’
Laporan diskusi
4.4
Menulis
resensi
buku
pengetahu
an
berdasark
an format
baku
Rresensi buku pengetahuan
Unsur-unsur resensi antara lain:
1.      identitas buku
2.      isi yang
penting/menarik
3.      bahasa pengarang
4.      keunggulan
5.      kelemahan
6.      kesimpulan

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      membaca buku (yang dimiliki     sekolah atau siswa itu sendiri)     yang  akan diresensi dan menulis intinya (di  rumah)
2.      menulis resensi buku  dengan
       memperhatikan  kelengkapan
        unsur-  unsur resensi antara 
        lain:
a.   identitas buku
b.   isi yang penting/  menarik
c.   bahasa pengarang
d.   keunggulan
e.   kelemahan
f.    kesimpulan
3.      mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur  resensi yang   ditulis teman
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
1.      identitas buku
2.      isi yang penting/menarik
3.      bahasa pengarang
4.      keunggulan
5.      kelemahan
6.      kesimpulan


Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi

4 x 45’
Komposisi
Gorys Keraf




SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : XII / 1
Standar Kompetensi   : Mendengarkan: 5. Memahami pembacaan novel 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
                    
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka

Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
5.1   
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan 
Penggalan novel
1.       Menanggapi segi vokal
2.        Intonasi
3.        penghayatan


1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      mendengarkan  pembacaan
       penggalan
       novel
2.      menanggapi pembacaan
       penggalan
       novel dari
       segi vokal,
       intonasi, dan
       penghayatan

Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
1.       Mendengarkan pembacaan penggalan novel
2.       Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
2 x 45’
Buku novel

Media setempat

Buku-buku penunjang
5.2   
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   
Penggalan novel
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra  (tema, pesan,
       penokohan,
       alur,  sudut
       pandang,
       konflik) dalam
       penggalan novel
       yang  dibacakan
       tema
2.      mendiskusikan unsur-unsur  intrinsik  penggalan novel

Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel
1.       Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
2.       Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel
2 x 45’
Buku novel

Media setempat

Buku-buku penunjang




SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 P{adang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi   : Berbicara: 6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur

Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
6.1
Menanggapi
pembacaan
puisi lama
tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat

1.   Puisi lama
     (pantun)
2.   Menanggapi
     pembacaan
     puisi dari
     segi:
a.       lafal
b.      intonasi
c.       ekspresi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.  mendeklamasikan/ membacakan puisi lama  (berbalas pantun) di depan
     teman- teman dengan lafal,
     intonasi, dan ekspresi  yang sesuai
2.  menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
3.  memperbaiki cara  pembacaan
     berdasarkan masukan dari teman atau guru 

Menanggapi pantun adat di tempat masing-masing
Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun / pantun adat) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

4 x 45’
Buku kumpulan puisi lama
6.2
Mengomentari
pembacaan puisi
baru tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang tepat
1.       Puisi baru
2.       Mengomentari pembacaan puisi dari segi
a.       lafal
b.      intonasi
c.       ekspresi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      mendeklamasikan/  membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan
       lafal,  intonasi, dan ekspresi
       yang  sesuai memperbaiki
       cara pembacaan    
       berdasarkan masukan dari
       teman atau guru
2.      menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi
        yang tepat

Menanggapi pembacaan puisi yang ditampilkan oleh teman

Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
4 x 45’
Buku kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik



SILABUS

Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi   : Membaca: 7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka

Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
7.1
Membacakan
puisi karya
sendiri
dengan lafal,
intonasi,
penghayatan
dan ekspresi
yang sesuai

Puisi karya teman

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      menulis puisi karya  sendiri
2.      menandai jeda puisi karya sendiri
3.      membacakan puisi karya  sendiri dengan memperhatikan:
a.    lafal dan intonasi
b.   penghayatan
c.    mimik/gerak dan
d.   ekspresi yang sesuai
4.      menentukan makna puisi karya teman
5.      mengomentari puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman


1.      Menentukan makna puisi karya teman
2.      Mengomentari puisi karya teman

4 x 45’
Puisi karya sendiri
7.2
Menjelaskan
unsur-unsur
intrinsik
cerpen    
Cerpen
,
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.      membaca cerpen
2.      menceritakan kembali isi cerpen
3.      menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misalnya, tema, alur, latar, penokohan, atau pesan) dengan data yang mendukung
4.       mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen


Menanggapi unsur intrinsik salah satu cerpen yang dipilihd.


1.      Menceritakan kembali isi cerpen yang dibaca.
2.      Menjelaskan unsur-unsur pembangun cerpen.
4 x 45’
Kumpulan cerpen/ media cetak/ internet

SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  1
Standar Kompetensi     : Menulis
                                    8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
8.1 
Menulis
resensi
buku
kumpulan
cerpen
berdasarkan
unsur-unsur
resensi
1.  Buku
     kumpulan
     cerpen
2.  Unsur-unsur
     resensi
a.   Identitas buku
b.  Kepengarangan
c.   Kekurangan dan kelebihan  isi buku
d.  bahasa
    pengarang, dll
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.membaca buku  kumpulan cerpen (yang  ada di  daerah setempat)
2.menulis resensi buku kumpulan cerpen  dengan  memperhatikan kelengkapan  unsur- unsur resensi:  identitas  buku,
   kepengarangan, kekurangan
   dan kelebihan buku, bahasa  
   pengarang, dll.
3.mendiskusikan resensi  yang telah dibuat

Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen

4 x 45’
Buku kumpulan cerpen
8.2 
Menulis
cerpen
berdasarkan
kehidupan
orang lain
(pelaku,
peristiwa,
latar)
1.   Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
2.   Unsur-unsur cerpen
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.      Menghargai prestasi
1.menentukan topik  tentang kehidupan orang lain    (berdasarakan situasi dan kondisi daerah  setempat)
2.menulis cerpen tentang kehidupan orang lain  dengan memperhatikan
3.unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut  pandang, alur, dan gaya bahasa)
4.menanggapi cerpen yang ditulis teman

Mengomentari cerpen yang ditulis teman.
Menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yang ditulis teman
4 x 45’
Teknik Mengarang,
Mochtar Lubis
Buku yang terkait dengan cerpen
Mengetahui,                                                                                                                              Padang,             Mei  2013
                      Kepala SMAN 2 Padang                          Wakasek Kurikulum                                                       Guru Mata Pelajaran


                   Habibul Fuadi, S.Pd., M.Si.                    Dra. Enny Sasmita, M.Pd.                                             Sri Hartati, S.Pd.                
                    NIP 196909211995031002                   NIP 19710313 199301 1 001                                              NIP 196108181984122002    

SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Mendengarkan:  9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
9.1         
Mengajukan saran
perbaikan tentang 
informasi yang
disampaikan
secara langsung   

Informasi secara langsung
1.     pokok-pokok isi informasi
2.     cara mengajukan saran
3.     ringkasan isi informasi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
9.           Mendengarkan informasi secara langsung
10.    Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
11. Menulis ringkasan isi informasi


Menulis ringkasan isi informasi

1. Mencatat pokok-pokok
informasi yang disampaikan secara langsung
2. Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
3. Menulis ringkasan isi informasi
2 x 45’
Informasi secara langsung
9.2         
Mengajukan saran
perbaikan tentang
informasi yang
disampaikan
melalui
radio/televisi  
Rekaman informasi
1.       pokok-pokok isi informasi
2.     cara mengajukan saran
3.     ringkasan isi informasi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
2.     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
3.     Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
Menulis ringkasan isi informasi

1.       Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
2.       Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
3.    Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
2 x 45’
Rekaman informasi dari radio/ televisi


SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Berbicara:  10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 




Program kegiatan/ proposal
1.       berpresentasi
2.    diskusi dengan
     santun berdiskusi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
2.    Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
3.    Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
4.    Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan

Membuat sebuah proposal kegiatan
1.       Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
2.       Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
3.       Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
4 x 45’
Komposisi
oleh Gorys Keraf
10.2           Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Ide masing-masing siswa dan
berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
2.    Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
3.    Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Membuat sebuah naskah pidato

1.       Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
2.      Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
3.      Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
8 x 45’
Komposisi
oleh Gorys Keraf
SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Membaca: 11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
11.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Teks 900 – 1050 kata)
1.       Teknik membaca cepat
2.  Rumus membaca cepat
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Membaca teks
2.    Menemukan ide
   pokok
3.    Menjawab
  secara benar
  75% dari seluruh
   pertanyaan yang
   tersedia 


Membaca sebuah teks dan menngajukan beberapa  pertanyaan tentang isi teks
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia


2 x 45’
Artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
Teks yang berpola induktif dan deduktif
1. Ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
2.  Kalimat kesimpulan
1.      jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
Menentukan kalimat kesimpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel



Menentukan butir-butir yang merupakan gagasan pendukung

1. Menemukan paragraf yang berpola induktif
2. Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
3. Menemukan paragraf yang berpola deduktif
4. Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
5. Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung

2 x 45’
Teks dari media cetak/ elektronik



SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Menulis: 12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
12.1           Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatiakn:
1.       Ciri-ciri
2. kalimat
   kesimpulan
3. letak kalimat
   kesimpulan
4. penggunaan
   bahasa
1.       Jujur
2.       Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.      Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
2.       Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif

Menulis karangan yang berpola deduktif atau induktif
Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting
        karangan
  berpola deduktif  
  induktif
4 x 45’
Teks dari media cetak/ elektronik
12.2           Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Esai
1.       Jujur
2.       Kerja keras
3.       Disiplin
4.       Rasa ingin tahu
5.       Komunikatif
6.       Tanggung jawab
7.       Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Membaca contoh esai
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri esai
3.    Menulis  esai dengan memperhatikan
 pola pengembangan pembuka, isi,
 dan penutup
4.    Memperbaiki essay (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca

Menlis esai
1.       Menentukan topik untuk menulis esai
2.       Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf   pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
4 x 45’
Contoh esai dari media cetak/ elektronik


SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Mendengarkan: 13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
13.1           Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     
  
Teks drama
Unsure-unsur intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat)

1.       Jujur
2.       Kerja keras
3.       Disiplin
4.       Rasa ingin tahu
5.       Komunikatif
6.       Tanggung jawab
7.       Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.     Mendengarkan
      pembacaan teks
      drama
2.     Menemukan unsur-
      unsur intrinsik teks
      drama yang didengar
      melalui
      pembacaan
3.      Mendiskusikan unsur
       intrinsik  teks drama
       yang didengar
4.      Melaporkan hasil
      diskusi


Membaca sebuah teks drama
1.       Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
2.       Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar

2 x 45’
Buku kumpulan drama
13.2           Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Teks drama
Simpulan isi drama

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
2.       Mendiskusikan kesimpulan isi teks drama


Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks

Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks

2 x 45’
Buku kumpulan drama


SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Berbicara: 14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
14.1           Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

Teks gurindam
1.       Ciri-ciri gurindam
2.       Nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.     Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
2.     Membacakan gurindam
3.     Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
4.     Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar


Membaca beberapa gurindam
1.       Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
2.       Membacakan gurindam
3.       Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
4.       Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

2 x 45’
Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana
14.2
Menjelaskan
keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Teks gurindam
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
2.       Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Menyimpulkan   pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


1.       Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
2.       Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

2 x 45’
Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana

Buku yang memuat gurindam


SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Membaca : 15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka


Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Kumpulan puisi kontemporer
1.      Ciri-ciri puisi
      kontemporer
2. Tema puisi
  kontemporer
3. Bentuk puisi
  kontemporer
4. Diksi

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.      Membaca kumpulan
puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
2.      Mengidentifikasi
tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
3.      Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
4.      Mendiskusikan tema
dan ciri-ciri puisi

Menemukan puisi kontemporer dan mengidentifikasi ciri-ciri puisi tersebut
1. Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
2. Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
3. Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer


2 x 45’
Pengkajian Puisi
15.2           Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Karya sastra berdasarkan periodisasi
1. Karakteristik
    karya sastra
    setiap
    angkatan/
    periode
2. Perbedaan
karakteristik
karya sastra
setiap    angkatan/    periode

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.      Membaca karya
       sastra dari tiap
       periode                
2.      Mengidentifikasi
       karakteristik karya
       sastra pada tiap
       periode
3.      Menemukan
4.      perbedaan karakteristik  tiap periode
5.      Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   

1. Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
2. Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
3. Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
4. Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
2 x 45’
Leksikon Sastra

Karya sastra setiap periode

SILABUS
Nama Sekolah             : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Menulis 16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai
Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur
Kegiatan Mandiri Tidak Tersruktur
16.1
Memahami
prinsip-prinsip
penulisan
kritik dan esai

Kritik dan esai
1.       Ciri-ciri kritik dan esai
2.      Perinsip penulisan kritik dan esai

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Membaca kritik dan esai
2.    Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
3.    Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra

1.       Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
2.       Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

4 x 45’
Kritik sastra, H.B. jassin

Buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2
Menerapkan
\prinsip-prinsip
 penulisan
kritik dan esai
 untuk
mengomentari
 karya sastra 
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
1.       Ciri-ciri kritik dan esai
2.      Perinsip penulisan kritik dan esai
3.      Cara menulis kritik dan esai

1.      Jujur
2.      Kerja keras
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Komunikatif
6.      Tanggung jawab
7.      Peduli lingkungan
8.       Menghargai prestasi
1.       Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
2.       Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

Menyunting tulisan kritik  
    dan esai sastra
1.       Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan essay
2. Menyunting tulisan kritik  
    dan esai sastra

4 x 45’
Kritik sastra, H.B. Jassin


Buku yang terkait dengan kritik dan esai
                                                                                                                                                                                              Padang,            Mei  2014


Mengetahui, Kepala SMAN 2 Padang
Wakasek Kurikulum
Guru Mata Pelajaran






Habibul Fuadi, S.Pd., M.Si.
NIP 196909211995031002                   
Wiranda, S.Pd.M.Si
NIP 19710313 199301 1 001            
Dra. Enny Sasmita, M.Pd
 NIP. 196707041992032005 
Sri Hartati, S.Pd.
NIP 196108181984122002


Postingan populer dari blog ini

Makna Metafisis Puisi Cermin Karya Sapardi Joko Damono, dari Web Mahasiswa UNAIR

SOAL PRA-UN

Akronim kata 'Pintar'