RINGKASAN MATERI KELAS X
A.      Mendengarkan


1.       Menanggapi isi berita
Pokok isi berita, yaitu tema, pelaku, waktu , tempat, sebab, dan urutan terjadinya peristiwa. Setelah menentukan pokok isi berita, tanggapi isi berita dengan cara :
a)      Tanggapan berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan
b)      Tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah, penemuan sebab, dan pemecahan masalah
c)       Tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain
d)       Tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat yang tepat
e)      Tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan
2.       Mengindentifikasi unsur sastra
Unsur sastra meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik seperti :  tema, latar, alur, konflik, tokoh, penokohan, amanat, sudut pandang, dan gaya bahasa, sedangkan unsur ekstrinsik cerita merupakan unsur yang membangun cerita dari luar, seperti riwayat hidup pribadi pengarang, kehidupan masyarakat tempat karya sastra diciptakan, dan nilai-nilai yang mendukung  terbentuknya karya sastra.
3.       Mengidentifikasi unsur-unsur puisi
Unsur intrinsik puisi meliputi, tema, amanat, latar, nada dan suasana, sudut pandang, majas, sajak/rima, dan pesan, sedangkan unsur ekstrinsiknya meliputi unsur psikologi, politik, sosial, agama, sejarah, filsafat, maupun ideologi.
4.       Mengungkapkan isi dan makna suatu puisi
Untuk mengapresiasikan isi puisi, kita perlu memahami beberapa unsur, seperti makna, tema, dan pesan dalam puisi. Ada beberapa langkah untuk memahami makna puisi, yaitu:
·      Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau larik
·      Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa
·      Menafsirkan makna kata
·      Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata
B.      Berbicara
1.       Memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi
Tata urutan memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi :
a.       Menampilkan profil pribadi secara jujur, objektif, dan ringkas
b.      Menampilkan riwayat pendidikan
c.       Menampilkan riwayat pengalaman
d.      Menampilkan hobi atau prestasi yang pernah diraih
2.       Mendiskusikan masalah
Diskusi           suatu bentuk kegiatan bertukar pikiran yang teratur dan terarah, baik dalam kelompok kecil maupun besar.
Tujuan            untuk mendapatkan suatu pengertian, kesepakatan, dan keputusan bersama mengenai suatu masalah.
Tahap-tahap dalam mendiskusikan masalah dari sebuah berita, artikel, maupun buku:
a)      Menanggapi isi ringkasan berita, artikel, dan buku yang disampaikan peserta diskusi
Hal yang perlu diperhatikan:
1)      Tanggapan sesuai dengan masalah
2)      Tanggapan disertai alasan yang logis
3)      Tanggapan disampaikan dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
4)      Tanggapan disampaikan dengan bahasa yang santun
b)      Menyampaikan secara lisan setuju dan tidak setuju dalam beberapa kalimat
c)       Memberikan bukti pendukung untuk memperkuat tanggapan
d)      Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap ringkasan isi yang disampaikan
e)      Menyelaraskan perbedaan pendapat yang muncul dalam diskusi
3.       Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Setiap menceritakan pengalaman harus diperhatikan hal berikut :
a)      Menggunakan pilihan kata yang menarik
b)      Menggunakan ekspresi yang sesuai
c)       Menceritakan cerita dengan runtut
d)      Menggunakan intonasi yang sesuai
e)      Menggunakan lafal yang sesuai
f)       Menggunakan volume suara yang sesuai
Cerita pengalaman mengandung pokok-pokok cerita:
a)      Orang yang terlibat dalam pengalaman
b)      Peristiwa yang dialami
c)       Tempat pengalaman terjadi
d)      Waktu pengalaman terjadi
e)      Mengapa pengalaman itu terjadi
f)       Proses pengalaman berlangsung
4.       Mengemukakan hal-hal menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi

5.       Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
                                                                                
C.      Membaca
1.       Membaca cepat dan menemukan ide pokok bacaan
Cara meningkatkan kemampuan membaca cepat :
a)      Membaca teks dalam hati
b)      Berkonsentrasi hanya pada bacaan
c)       Tidak menggerakkan bibir
d)      Tidak menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata
e)      Tidak menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan
f)       Tidak mengulang kata atau kalimat yang sudah dibaca
g)      Tidak mengeja huruf kata-kata yang dibaca dalam hati
h)      Tidak selalu berhenti di awal baris
i)        Tidak membaca dengan bersuara
2.       Membaca ekstensif dan mengidentifikasi ide bacaan
Membaca ekstensif berarti membaca  secara luas. Membaca ekstensif dilakukan dalam waktu yang singkat dengan tujuan memahami pokok-pokok pikiran bacaan dengan cepat.
Ide pokok dapat ditemukan di awal (pendekatan deduktif), di akhir (pendekatan induktif), serta di awal dan akhir bacaan (pendekatan campuran).
3.        Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
Langkah –langkah untuk membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang baik :
a)      Memberi penanda jeda dan tekanan dalam teks puisi
b)      Memahami isi puisi dengan cara menentukan unsur-unsur instrinsiknya.
4.       Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
Pada dasarnya karya sastra merupakan prototipe atau miniatur kehidupan yang diungkapkan dalam bahasa. Unsur-unsur kehidupan yang diaktualisasikan dalam karya sastra tersebut diimplementasikan dalam unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra.
D.      Menulis
1.       Menulis paragraf narasi
Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang dikembangkan menurut pola urutan waktu dan tempat. Paragraf ini tidak mempunyai kalimat utama serta disusun  dengan merangkaikan peristiwa-peristiwa yang berurutan.
2.       Menulis paragraf deskripsi
Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menggambarkan sesuatu atau objek dengan jelas dan terperinci.
Ciri-ciri pola pengembangan paragraf deskripsi:
a)      Hal yang menyentuh pancaindera harus dijelaskan secara terperinci
b)      Pengembangan paragraf deskripsi mengacu pada penyajian urutan ruang
c)       Menulis paragraf eksposisi
3.       Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi sejelas-jelasnya. Penulisan paragraf eksposisi  biasanya didahului dengan penelitian. Informasi yang diungkapkan dalam paragraf eksposisi dapat berupa (a) hal, kondisi, atau fakta yang benar-benar terjadi dan (b) analisis atau penafsiran terhadap suatu fakta.
4.       Menulis puisi lama
Aturan yang mengikat puisi lama masih bersifat tradisional :
a)      Jumlah larik dalam satu bait
b)      Jumlah kata tiap-tiap larik
c)       Jumlah suku kata tiap-tiap larik
d)      Rima yang teratur  pada akhir larik dalam satu bait
e)      Hubungan tiap-tiap larik
f)       Irama yang teratur
Berdasarkan jenisnya, puisi lama dibedakan atas pantun, talibun, seloka, syair, gurindam, dan karmina
5.       Menulis puisi baru
Berdasarkan bentuknya, puisi baru dibedakan menjadi:
a)      Distikon(dua seuntai)
b)      Tersina(tiga seuntai)
c)       Kuatren(empat seuntai)
d)      Kuin(lima seuntai)
e)      Sektet(enam seuntai)
f)       Septime(tujuh seuntai)
g)      Stansa/oktaf(delapan seuntai)
h)      Soneta(14 baris)
Berdasarkan isinya, puisi baru dibedakan menjadi:
a)      Balada, yaitu puisi yang berisi cerita
b)      Romance, yaitu puisi yang berisi luapan perasaan kasih sayang pada kekasih
c)       Elegi, yaitu puisi yang berisi rasa duka atau keluh kesah
d)      Himne, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap Tuhan atau sesuatu yang mulia
e)      Ode, yaitu puisi yang berisi sanjungan resmi
f)       Satire, yaitu puisi yang berisi kritikan tajam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Metafisis Puisi Cermin Karya Sapardi Joko Damono, dari Web Mahasiswa UNAIR

SOAL PRA-UN

Akronim kata 'Pintar'