SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Padang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman
diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
16.1
Menulis karangan
berdasarkan
kehidupan diri
sendiri dalam
cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
|
Contoh cerpen
·
Karakteristik /Ciri-ciri
ceritapendek
·
Syarat topik
cerpen
·
Kerangka
ceritapendek
· Unsur-unsur
cerpen(pelaku,peristiwa,latar, konflik)
|
·
Kreatif
·
Relegius
·
Disiplin
·
Peduli
lingkungan
·
Tanggung jawab
·
Cinta tanah air
|
·
Menentukan pilihan topik cerpen
yang akan ditulis yang berhubungan dengan diri sendiri dalam menyikapi
sumber daya alam baik di sekolah
maupundi rumah
· Menentukan tokoh cerpen
· Menentukan
pokok-pokok kronologis cerpen
· Mengembangkan pokok-pokok kronologis cerpen sesuai
karakteristik cerpen dengan memerhatikan kata, tanda baca, dan ejaan.
·
Membahas cerpen
yang ditulis teman
|
· Menentukan topik yang berhubungan
dengankehidupan diri sendiri untukmenulis cerita pendek
· Menulis kerangka cerita
pendek denganmemperhatikan kronologiwaktu dan peristiwa
· Mengembangkan
kerangkayang telah dibuat dalambentuk cerpen (pelaku,peristiwa, latar,
konflik)dengan memperhatikanpilihan kata, tanda baca,dan ejaan.
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
Uraian bebas
Instrumen
· Tulislah sebuah cerpen
berdasarkan pengalaman diri sendiri
dengan topik ” sikap terhadap pemanfaatan sumber daya alam dalam
pemakaian air atau listrik
|
4 x 45 menit
|
Buku
kumpulan
cerpen
|
|
16.2
Menulis karangan
berdasarkan
pengalaman
orang lain dalam
cerpen
(pelaku,
peristiwa,
latar)
|
Contoh cerpen
· Ciri-ciri ceritapendek
· Syarat topik cerpen
· Kerangka ceritapendek
·
Unsur-unsur cerpen(pelaku,peristiwa,latar,
konflik)
|
·
Kreatif
·
Relegius
·
Disiplin
·
Peduli
lingkungan
·
Tanggung jawab
·
Cinta tanah air
|
·
Menulis cerpen
·
Membahas cerpen
yang ditulisteman
|
· Menentukan topik yang berhubungan
dengan pengalaman orang lain untuk menulis ceritapendek
· Menulis kerangka
ceritapendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar
· Mengembangkan kerangka
yang telah dibuat dalambentuk cerpen (pelaku,peristiwa, latar, )
denganmemperhatikan pilihan kata,tanda baca, dan ejaan.
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Uraian bebas
Instrumen
· Tulislah cerpen dengan topik pengalaman tokoh lain
dalam pemanfaatan tanaman obat sebagai
penyembuhan suatu penyakit
|
4 x 45 menit
|
Buku
kumpulan
cerpen
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Prima Yunaldi, M.M.
NIP. 196812271993031004
|
Padang, Januari 2012
Guru Bahasa Indonesia
Sri Hartati, S.Pd.
NIP. 196108181984122002
|
Komentar
Posting Komentar