Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2011

Level Taxonomy Bloom

TAHAPAN RANAH KOGNITIF  PENGETAHUAN (C-1) Mengi dentifikasi Menyebut kan Menunjukkan Menyatakan PEMAHAMAN (C-2) Menerangkan Menjelaskan Menguraikan Merangkum PENERAPAN (C-3) Menghitung Membuktikan Menerapkan Mengklasifikasi ANALISIS (C-4) Memilah Membedakan Membag SINTESIS (C-5) Merangkai Merancang Mengatur EVALUASI (C-6) Mengkritik Menilai Menafsirkan TAHAPAN RANAH PSIKOMOTOR PENIRUAN (P-1) Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan MANIPULASI (P-2) Mengoreksi Merancang Memilah PENGALAMIAHAN (P-3) Mengalihkan Menggantikan Memutar ARTIKULASI (P-4) Mempertajam Membentuk Memadankan Me

PENGEMBANGAN SILABUS

SILABUS adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar (PP No 19 Tahun 2005 Pasal 20). Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus menjawab pertanyaan: ·        Apa kompetensi yang harus dikuasai siswa? ·        Bagaimana cara mencapainya? ·        Bagaimana cara mengetahui pencapaiannya? Langkah-langkah Pengembangan Silabus ·        Mengkaji standar kompetensi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut: o    urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi; o    keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata

PENGEMBANGAN SILABUS

SILABUS adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar (PP No 19 Tahun 2005 Pasal 20). Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus menjawab pertanyaan: ·        Apa kompetensi yang harus dikuasai siswa? ·        Bagaimana cara mencapainya? ·        Bagaimana cara mengetahui pencapaiannya? Langkah-langkah Pengembangan Silabus ·        Mengkaji standar kompetensi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut: o    urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi; o    keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata